"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Malabar (Puncak Puntang)

Jalur Bumi Perkemahan Banjaran

Malabar adalah nama sebuah pegunungan yang mana terdiri dari gunung gunung kecil. Gunung wayang, Gunung Haruman, Gunung batu dan Gunung puntang adalah beberapa di antaranya. Dari lokasi Bumi Perkemahan Banjaran terdapat 2 jalur pendakian untuk mendaki gunung puntang dan gunung haruman. Puncak gunung puntang di sebut puncak mega dengan ketinggian sekitar 2.220 Mdpl. Sedangkan puncak tertinggi gunung haruman di sebut dengan puncak besar yang bereketinggian lebih dari puncak mega. 

Untuk menuju ke puncak mega di butuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Untuk mencapai puncak ini pendaki dapat memakai 2 jalur umum. Pendaki dapat memakai jalur biasa yang lebih datar atau menggunakan jalur VIP yang lebih cepat dan menanjak. Ke 2 jalur pendakian ini berakar dari sekitar kawasan ini. 

Sedangkan untuk mencapai puncak besar di butuhkan waktu sekitar 6-7 jam melalui jalur yang berbeda lagi. Dahulu kala pendaki bisa mencapai puncak besar setelah melewati puncak mega. Namun bukit yang menghubungkan ke dua puncak tersebut telah longsor dan jalur pun terputus sehingga harus menggunakan jalur lain untuk mencapai puncak besar

Transportasi
Semarang – Bandung – Banjaran – Bumi perkemahan Banjaran. Setelah sampai di banjaran pendaki harus mengambil jalan yang mengarah ke palutungan. Kemudian setelah melaju sekitar 15 menit pendaki harus berbelok ke kiri mengikuti jalan yang menanjak ke arah bumi perkemahan banjaran

Informasi
1. Basecamp
Di sini pendaki dapat bermalam di basecamp PGPI (persatuan Gunung Puntang Indonesia) yang biasanya memang di gunakan pendaki untuk menginap. Basecamp ini terletak sekitar 50 meter di kanan jalan sebelum pintu masuk bumi perkemahan. Basecamp ini biasanya di jaga oleh bang iwan gembel.
2. Registrasi
Free
3. Waktu Tempuh
3 – 4  jam perjalanan 
4. Mata air
Tidak ada mata air sepanjang perjalanan ke puncak

Pendakian
Basecamp - Puncak Batu kareta
Untuk menuju ke puncak mega di butuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Untuk mencapai puncak ini pendaki dapat memakai 2 jalur umum. Pendaki dapat memakai jalur biasa yang lebih datar atau menggunakan jalur VIP yang lebih cepat dan menanjak. Ke 2 jalur pendakian ini berakar dari sekitar kawasan ini. Sebaiknya pendaki banyak banyak bertanya pada Orang orang basecamp PGPI.

Ketika Perjalanan menuju puncak batu kareta pendaki akan banyak menemui percabangan jalur di tengah hutan lamtoro. Setelah itu pendaki akan memasuki hutan yang cukup lebat hingga puncak batu kareta. Puncak batu kareta adalah sebuah puncak bukit yang mana terdapat banyak batuan besar di sekitarnya. Di jalur ini tidak terdapat sedikitpun petunjuk sehingga para pendaki harus mengira ngira sendiri keberadaan puncak batu kareta. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 60 – 90 menit.

Puncak Batu kareta – Puncak Gunung Puntang
Beberapa menit dari puncak batu kareta pendaki akan mulai keluar dari hutan dan melewati kawasan yang cukup terbuka. Jalur yang dilalui cukup extreme karena jalur sangat sempit dan terletak di ujung punggungan bukit. Setelah berjalan sekitar 60 – 90 menit maka pendaki akan sampai di puncak gunung puntang. Di puncak ini terdapat sebuah bangunan yang dahulu di gunakan sebagai pemancar radio. Dari sini terlihat puncak haruman di seberang yang terlihat sunyi. Pendaki dapat melihat 2 air terjun yang mengucur di gunung haruman.

SALAM LESTARI

Ditulis oleh : Adriyano Louizzao