"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Bawakaraeng

Jalur Lembana 
Gunung Bawakaraeng mempunyai tinggi sekitar 2845 mdpl. Gunung Bawakaraeng mempunyai rute jalur pendakian yang sangat panjang. Untuk sampai di puncak tertinggi Bawakaraeng pendaki harus melewati 10 pos pendakian. Rute pendakian menuju puncak bawakaraeng dimulai dari sebuah desa kecil bernama desa lembana. Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bawakaraeng bagi masyarakat sekitar memiliki arti sendiri. Bawa artinya Mulut, Karaeng artinya Tuhan. Jadi Gunung Bawakaraeng diartikan sebagai Gunung Mulut Tuhan.

Transportasi
Makassar - Hutan Wisata Malino - Desa Lembana. Untuk sampai di Desa Lembana membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan dari Kota Makassar

Informasi
1. Basecamp
Di Desa Lembana  ini terdapat basecamp yang bisa digunakan oleh para pendaki
2. Registrasi
Tidak ada registrasi
3. Waktu Tempuh
10-12 jam
4. Mata air
Pos 2, Pos 3, Pos 5, Pos 8

Pendakian
Basecamp – Pos 5 (3 jam)
Pertama tama pendaki harus menyusuri jalanan aspal di Desa Lembana. Setelah itu pendaki harus berbelok ke kanan sebelum jembatan kecil dan mulai menyusuri area persawahan penduduk. Setelah itu pendaki mulai masuk ke dalam hutan pinus. Beberapa menit kemudian pendaki akan keluar dari kawasan hutan pinus dan memasuki kawasan hutan yang lebih lebat. Untuk menuju ke pos 1 sangat sulit karena jalur pendakian membentang di area persawahan penduduk yang tentu saja akan membingungkan para pendaki. Untuk sampai di pos 1 pendaki membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

 Pos 1
Pos ini adalah pertigaan yang mana jalan lurus adalah menuju puncak Bawakaraeng dan jalan ke kanan adalah jalan menuju lembah Rama. Lembah ini terletak diantara gunung Bawakaraeng dan Lampobatang. Lembah ini sering digunakan untuk camping karena pemandanganya yang sangat indah. Untuk menuju ke pos 2 membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Di pos 2 terdapat sungai yang mengalir jernih.

Beberapa meter sebelum pos 3 pendaki harus menyeberangi sebuah sungai. Pos 3 berupa tanah datar yang cukup luas dan terdapat pohon putih di tengahnya. Pohon tersebut membuat para pendaki tidak pernah berlama lama berada di pos 3 apalagi bermalam di sini. Konon katanya dulu ada seorang perempuan yang bunuh diri di sini dan mayatnya ditemukan menggantung di pohon itu. Sampai sekarang pendaki sering mendapatkan gangguan dari makhluk halus ketika melewati pos itu, apalagi ketika malam hari. Perjalanan menuju ke pos 4 akan sama dengan perjalanan perjalanan sebelumnya

Selepas pos 4 kami melewati hutan yang begitu asri. Cahaya mentari pagi mencoba menerobos pepohonan hijau yang berdiri sangat rapat. Membiaskan sinarnya pada lumut lumut hijau yang eksotis. Di pos 5 terdapat sumber mata air. Untuk mengambilnya pendaki harus turun sejenak melalui jalanan kecil di kiri jalur pendakian.
Pos 5
Pos 5 – Pos 8 (4 Jam)
Perjalanan dari pos 5 ke pos 6 ditempuh melalui medan terbuka. Dari sini terlihat pemandangan yang luar biasa cantiknya. Dari sini tampak sungai yang berkelok kelok membelah bumi sulawesi, ciptakan keindahan tersendiri di pagi itu. 1 Jam berselang pendaki akan sampai di pos 6. 

 Selepas pos 6 pendaki harus melewati hutan lumut yang begitu sejuk. Lumut lumut hijau menempel erat pada pepohonan, berikan keindahan yang mungkin tak terdapat di tanah jawa. 1 jam kemudian pendaki akan sampai di pos 7. Pemandangan di pos ini sangat indah dan mungkin adalah yang terbaik diantara semua pos.

 Pos 7
Perjalanan dari pos 7 menuju pos 8 adalah yang paling berat sepanjang lintasan Bawakaraeng. Jalan yang harus dilewati naik turun dan membentang di tengah hutan yang cukup lebat. Di sini banyak jalan yang telah longsor sehingga para pendaki harus lebih berhati hati. Pendaki harus menempuh 2 jam perjalanan untuk sampai di pos 8.

Pos 8- Puncak Bawakaraeng (2,5 jam)
Pos 8 cukup luas untuk mendirikan beberapa buah tenda. Di sini juga terdapat sungai yang mengalir cukup deras. Sekitar 45 menit kemudian pendaki akan sampai di pos 9. Pos 9 berupa tanah datar yang tidak terlalu luas. 45 menit kemudian pendaki akan sampai di pos 10. Pos 10 cukup luas untuk mendirikan beberapa buah tenda

Dari pos 10 pendaki bisa melihat puncak Bawakaraeng yang terlihat sangat dekat. Perlu waktu sekitar 30-45 menit untuk sampai di puncak. Perjalanan menuju puncak tidak lagi melewati kawasan hutan. Sepanjang perjalanan ke puncak pendaki akan melewati medan terbuka di antara bebatuan yang di tumbuhi rumput.

 Puncak Bawakaraeng
Di puncak bawakaraeng terdapat sebuah tugu yang menandakan bahwa tempat itu adalah puncak tertinggi Gunung Bawakaraeng