"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Jalur Cibodas

Kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango adalah sebuah pegunungan yang mempunyai 2 puncak tertinggi, yaitu puncak gunung Gede (2958 mdpl) dan puncak gunung Pangrango (3019 mdpl). Gunung ini adalah gunung dengan pengunjung terbanyak di Indonesia oleh karena itu perijinan mendaki gunung ini sangat ketat.

Gunung Gede Pangrango terletak di selatan bogor atau di utara sukabumi. Lokasi gunung ini dekat dengan 2 kota besar di Indonesia yaitu Bandung dan Jakarta sehingga wajar saja jika banyak pengunjung di gunung ini karena memang kedua kota tersebut sangat padat penduduk

Informasi
1. Basecamp
Di jalur cibodas tidak terdapat basecamp. Para pendaki biasanya bermalam di basecamp Green Ranger Indonesia yang terletak di kawasan cibodas

Basecamp Green Ranger Indonesia
2. Registrasi
Untuk mengetahui secara lengkap tentang registrasi Gunung Gede Pangrango pendaki dapat melihatnya di sini
3. Waktu Tempuh
Pangrango = 7 – 8 Jam perjalanan
Gede = 5 – 6 jam perjalanan
4. Mata air
Pos air panas, Kandang badak,Surya kencana,Mandalawangi

Pendakian
Basecamp – pos air panas
Pertama tama pendaki akan melewati jalan beton yang mengarah pada pos pemeriksaan pendakian. Setelah melewati pos pemeriksaan pendakian pendaki akan berjalan di hutan yang cukup lebat melalui jalan setapak yang tersusun dari batuan rapi. Di tengah jalan pendaki akan melewati telaga biru yang terdapat di kiri jalan. Setelah itu pendaki akan memasuki kawasan rawa gayonggong. Pendaki akan melewati jalan yang terbuat dari kayu yang membentang di atas rawa. Setelah berjalan sekitar 45 – 60 menit pendaki akan sampai pada sebuah pertigaan. Jalan yang lurus dan menurun adalah jalan menuju air terjun cibeureum. Sedangkan jalan yang menanjak dan berbelok ke kiri adalah jalan menuju puncak.
Telaga Biru
Setelah beranjak dari pertigaan pendaki mulai menapaki jalan setapak tanah. Jalur berada di tengah hutan yang cukup lebat. Tak jarang hewan hewan seperti monyet dan bajing datang menyapa. Saat perjalanan pendaki akan melewati sebuah pos kecil di kiri jalan. Jalur akan sedikit turun ketika pendaki mulai sampai di kawasan air panas. Untuk sampai di pos air panas yang terletak di kiri jalan, pendaki harus menyebrang air terjun yang panas. Pendaki harus berhati hati ketika melewati kawasan ini karena jalanan sangat licin. Pendaki harus cepat melewati kawasan ini karena air sangat panas. Tepat di sebelah kanan pendaki ada sebuah jurang yang menjadi tempat pelarian air panas tersebut. Perjalanan dari basecamp ke pos air panas memakan waktu sekitar 2 – 3 jam

Pos Air Panas – Kandang Badak

Beranjak dari pos air panas pendaki akan di temani sebuah sungai di sisi kiri lintasan. Setelah itu pendaki akan menemukan pos rusak di sisi kanan lintasan. Tepat di depan pos pendaki harus menyebrang sungai untuk meneruskan perjalanan. Di tengah perjalanan pendaki akan melewati kawasan kandang batu. Yaitu sebuah kawasan yang cukup luas yang terdapat di lingkupan hutan lebat. Setelah itu pendaki juga akan melewati sebuah air terjun yang besar di sebelah kanan lintasan. Perjalanan menuju kandang badak memakan waktu sekitar 90- 120 menit. Di kandang badak ada sebuah pos yang biasanya di gunakan pendaki untuk bermalam. Di sebelah pos ada mata air yang mengucur deras.

Kandang badak  - Puncak Gede
Beberapa meter di atas kandang badak pendaki akan menjumpai sebuah pertigaan. Untuk menuju ke puncak gede pendaki harus mengikuti jalan yang mengarah ke kiri. Perjalanan menuju puncak gede masih tetap berada di dalam lingkupan hutan. Di tengah jalan pendaki akan menlewati sebuah tanjakan yang sering di sebut tanjakan setan. Tanjakan tersebut cukup pendek namun sangat terjal. Pendaki harus berpegangan pada tali tali yang telah di sediakan pihak TNGGP untuk bergerak maju.
Tanjakan Setan
Setelah itu perjalanan di lanjutkan hingga pendaki keluar dari hutan dan sampai di batas vegetasi. Setelah keluar hutan pendaki akan disuguhkan pemandangan menawan kawah gunung gede. Dari batas hutan pendaki harus berjalan sekitar 15 – 30 menit untuk sampai di puncak tertinggi gunung gede.
Kawah Gunung Gede
Puncak Gunung Gede

Saat berjalan menuju puncak pendaki akan melihat alun alun surya kencana yang tampak indah di sebelah kiri. Untuk menuju ke alun alun surya kencana pendaki harus melewati jalan yang menurun di belakang tiang trianggulasi yang menandakan puncak tertinggi gunung gede. Perjalanan turun ke surya kencana membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Total perjalanan dari kandang badak menuju puncak gede membutuhkan waktu sekitar 90 – 120 menit.
Kandang Badak – Puncak Pangrango
Beberapa meter di atas kandang badak pendaki akan menjumpai sebuah pertigaan. Untuk menuju ke puncak Pangrango pendaki harus mengikuti jalan yang mengarah ke kanan. Perjalanan menuju puncak pangrango masih tetap berada di dalam lingkupan lebat. Pohon pohon tumbang akan menghambat pendaki yang menuju ke puncak. Setelah berjalan sekitar 2 – 3 jam maka pendaki akan sampai di puncak tertinggi gunung pangrango.
Puncak Gunung Pangrango
Puncak tertinggi gunung pangrango di tandai dengan sebuah tugu dan sebuah pos rusak. Kawasan puncak pangrango masih berada dalam lingkupan hutan yang cukup lebat. Untuk menuju alun alun mandalawangi pendaki harus sedikit turun sekitar 5 – 10 menit