"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Semeru

Jalur Pendakian Gunung Semeru
Jalur pendakian gunung semeru dimulai dari sebuah desa kecil bernama Ranupane. Jalur pendakian gunung semeru mempunyai panjang sekitar 17,5  Km. Gunung Semeru sendiri terletak diantara Kabupaten Malang, Lumajang dan Probolinggo. Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3676 mdpl. Gunung Semeru adalah gunung paling tinggi di pulau jawa sekaligus gunung paling indah di pulau jawa. 

Jalur pendakian gunung semeru mempunyai medan yang sangat variatif. Sepanjang perjalanan menuju puncak mahameru pendaki akan melewati Danau, Sabana, Perbukitan, Rimba hingga medan berbatu. Gunung semeru merupakan gunung paling populer di indonesia. Sepanjang perjalanan ke puncak kita akan selalu bertemu dengan rombongan pendaki dari seluruh negeri.

Sebelum mendaki gunung semeru ada baiknya pendaki membaca beberapa tulisan saya sebelumnya
A. Transportasi
Untuk menuju basecamp jalur pendakian gunung semeru pendaki bisa datang dari 2 arah, yaitu dari arah malang dan dari arah lumajang. Jika pendaki datang dari arah malang pertama tama pendaki harus menuju ke suatu daerah bernama Tumpang. Tumpang adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Malang. Perjalanan dari tumpang ke Ranupane memakan waktu 2 jam dengan jarak sekitar 25-30 Km. Para pendaki yg tidak membawa motor biasanya menyewa jeep (+ 50 Ribu/orang) atau menumpang mobil sayur yg hanya ada waktu pagi hari (Harga Nego).

Sepanjang 25 Km menuju desa ranupani adalah perjalanan yang sangat menyenangkan. Pendaki akan melewati persawahan, bukit bukit dan pemandangan menawan gunung Bromo. Di tengah perjalanan pendaki akan menemukan sebuah pertigaan jalan. Yang mana ke arah kiri adalah ke arah gunung bromo dan lurus adalah menuju gunung semeru.

B. Informasi
1. Basecamp
Di ranupane ada basecamp yang adapat digunakan untuk penitipan motor. Tepat di sebelah basecamp ada pos pemeriksaan pendakian.

2. Registrasi
*Pendaki harus mengurus perijinan pendakian di TNGBTS di desa jambu, Kec. Tumpang             
*Untuk memperoleh surat ijin pendakian harus memiliki fotocopy KTP serta surat keterangan sehat
*Alamat lengkap TNGBTS  di jl. Raya Tulus Ayu/Tulus Besar  Tumpang Malang
*Nomor TNGBTS
  - 0341491828
  - 0341787972
*Setelah itu Ijin di serahkan pada pos pemeriksaan di kawasan ranupane                                 

3. Waktu Tempuh
12 – 13 jam

4. Mata air

Ranu kumbolo dan Kalimati

C. Pendakian

Ranupane – Ranukumbolo
Pertama tama pendaki akan melewati jalanan aspal yang membentang ditengah ladang penduduk. Setelah itu pendaki akan mulai memasuki kawasan hutan. Jalur yang dilalui berkelok kelok dan tidak terlalu menanjak. Di sisi kiri jalan lembah akan selalu mengiringi perjalanan pendaki menuju ranukumbolo. Di tengah perjalanan pendaki akan melewati batu yang sangat besar di kanan jalan yang di sebut Waturejeg. Setelah itu jalan mulai menyempit dengan longsor di beberapa kawasan.

Ranukumbolo
Setelah berjalan sepanjang 10 Km pendaki akan sampai di kawasan ranu kumbolo. Padang sabana seakan ramah menggoda, memaksa setiap pendaki untuk berhenti. Ketenangan air ranu kumbolo seakan menggambarkan kedamaian sejati yang abadi. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3–4 jam perjalanan.

Ranukumbolo – Kalimati
Danau ranu kumbolo mempunyai luas sekitar 14 hektar dengan ribuan ikan emas yang mendiaminya. Kawasan danau ranu kumbolo yang indah ini berketinggian 2400 mdpl. Pendaki dapat beristirahat di pos ranukumbolo yang berupa bangunan tembok dan bergenteng. Tapi bangunan itu sekarang sudah mulai rusak sehingga beberapa pendaki memilih untuk mendirikan tenda di tepian danau ranukumbolo.

Ranu kumbolo adalah kawasan yang paling indah di pulau jawa. Sabana yang hijau nan luas tersaji di tepian danau yang tenang dan indah. Pendaki dapat menikmati keindahanya sambil memancing ikan mas atau mujair. Pendaki disarankan membawa cukup banyak air karena sumber air di kawasan kalimati letaknya cukup tersembunyi. Dari kalimati pendaki harus menghadap tepat ke puncak dan berjalan lurus sekitar 10-15 menit maka pendaki akan menemukan mata air

Beranjak dari ranukumbolo pendaki akan melewati sebuah tanjakan yang sering di sebut tanjakan cinta. Setelah melewati yanjakan cinta maka pendaki akan sampai di kawasan yang bernama oro oro ombo. Oro oro ombo adalah bekas rawa yang mengering yang di tumbuhi vegetasi rumput. Besarnya mencapai lapangan bola Old Trafford. Perjalanan dari ranukumbolo ke oro oro ombo hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.

Oro oro Ombo
Dari sini puncak semeru mulai terlihat, bersembunyi di balik bukit. Kepulan asap tebal berterbangan dalam rentang 15 menit yang merupakan luapan kawah jonggring saloka dan sekaligus menjadi ciri khas gunung Semeru. Dari oro oro ombo pendaki akan memasuki kawasan hutan yang kaya akan vegetasi. Bunga bunga biru kuning bertebaran di antara pohon cemara. kawasan ini di sebut kawasan cemoro kandang. Jalur tidak terlalu menanjak hingga sampai di kawasan kalimati. 

Di tengah jalan banyak di jumpai hewan hewan liar yang diperkirakan babi hutan. Setelah keluar dari hutan pendaki akan mencapai kawasan kalimati. Terdapat bangunan pos bergenteng yang bertuliskan pos kalimati. Pendaki telah menempuh jarak sepanjang 15 Km dari ranupane hingga sampai di kalimati.

Kalimati
Perjalanan dari oro oro ombo menuju kalimati memakan waktu sekitar 3-4 jam. Daerah kalimati beralaskan pasir bekas letusan kawah jonggring saloka. Di sini terdapat kawasan terbuka yang cukup luas untuk mendaratkan helikopter. Dari sini puncak semeru baru menampakkan dirinya dengan keagungan yang mempesona.

Kalimati – Arcopodo
Perjalanan menuju Arcopodo melewati jalur yang lebih menanjak daripada sebelumnya. Arcopodo berjarak sekitar 1 jam dari Kalimati, melewati hutan cemara yang sangat lebat. Di Arcopodo tidak ada pos yang dapat di gunakan untuk tempat berlindung dan juga tidak ada sumber mata air.

Mahameru adalah sebutan untuk puncak gunung semeru. Perjalanan ke Puncak Mahameru akan jauh lebih berat dari perjalanan sebelumnya. Jalanan yang dilewati sangat rawan longsor. Jurang menganga di sebelah kanan dan kiri jalur pendakian. 1 jam berselang pendaki akan sampai di batas vegetasi. Di sinilah pohon terakhir ditemui karena pohon tidak lagi bisa hidup pada ketinggian tertentu.

Dari sini menuju puncak Semeru diperlukan waktu 3-4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Semua barang bawaan sebaiknya kita tinggal di Arcopodo atau di Kalimati. Perjalanan pada siang hari medan yang dilalui terasa makin berat selain terasa panas juga pasir akan gembur bila terkena panas. Siang hari angin cendurung ke arah utara menuju puncak membawa gas beracun dari Kawah Jonggring Saloka.

Mahameru
Di puncak Gunung Mahameru pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko karena adanya gas beracun. Dahulu kala pendiri mapala UI yang merupakan mapala paling tua di indonesia mati karena terkena gas berracun jonggring saloka. Soe Hok Gie sempat di evakuasi sampai kawasan arcopodo hingga akhirnya nyawanya tak tertolong lagi.

Mahameru

Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 - 10 derajad Celcius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajad Celcius, dan dijumpai kristal-kristal es. Cuaca sering berkabut terutama pada siang, sore dan malam hari. Angin bertiup kencang, pada bulan Desember - Januari sering ada badai.

Terjadi letusan Wedus Gembel setiap 15-30 menit pada puncak gunung Semeru yang masih aktif. Moment ini akan menjadikan koleksi foto para pendaki lebih menawan. Letusan gas dari kawah jonggring saloka terlihat agung di antara langit yang membiru.

Sekian tulisan saya tentang Jalur pendakian gunung semeru. Semoga informasi ini berguna bagi rekan rekan pendaki. 



Di Tulis Oleh Adriyano Louizzao
 

11 komentar:

Unknown mengatakan...

informasi yang sangat membantu mas...

izin nitip ya mas...
www.indo-adventurer.blogspot.com

wa2n tips mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
wa2n tips mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Irsyad Syamsuddin mengatakan...

Thanks infonya brow.. keren banget pemandangannya..

Unknown mengatakan...

Rinjani udah bang?

Unknown mengatakan...

Tnya dong bro apa gunung mahameru ada mata air nya bisa untuk mandi tidak?thanks

Unknown mengatakan...

menakjubkan!!!!!
kira2 memakan waktu berapa lama yah kalo harus berangkat dari jakarta ke semeru???
please jawabanya ya gan??????

Msglowinner mengatakan...

Saya menawarkan transportasi Semeru, paketan bisa jemput stasiun biar gak binggung nyari2 transport lagi....
081333088832 (whatsapp)
www.sahabatsemeru.blogspot.com

Noah mengatakan...

Sewa Jeep Bromo, Harga Jeep di Bromo, Sewa Jeep Bromo 2019, Sewa Jeep Bromo Probolinggo, Sewa Jeep dan penginapan, Sewa Jeep ke ranu pane, harga tiket masuk bromo terbaru, sewa mobil di surabaya ke bromo, Paket wisata bromo midnight tour

mount-bromo.blogspot.com mengatakan...

terima kasi mas, telah berbagi informasi ttg semeru. mount semeru trekking package - mount bromo tour sunrise 4d3n

James Anderson mengatakan...

Your Article is no doubt very helpful for me and hope, also for the other visitors. I requested to maintain your standard. Thanks for publishing.

Skip Hire Nottingham
Skip Hire Newcastle

Posting Komentar