"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Manglayang

Jalur Barubereum
A. Transportasi
Semarang – Cirebon – Sumedang – Jatinangor – Barubereum. Sesampai di jatinangor pendaki harus mencari lokasi Universitas Padjajaran (UNPAD). Setelah sampai di kawasan UNPAD ambil jalan yang menuju bumi perkemahan kiarapayung. Selanjutnya jangan masuk ke bumi perkemahan dan terus lurus hingga sampai di desa barubereum.

B. Informasi
1. Basecamp
Di sini ada warung yang biasanya digunakan para pendaki untuk tempat singgah. Pendaki juga dapat menitipkan motor karena untuk mendaki gunung ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 – 3 jam saja. Pemilik warung tersebut bernama Bu Ipah.
2. Registrasi
Free
3. Waktu Tempuh
2 – 3  jam perjalanan
4. Mata air
Tidak ada mata air sepanjang perjalanan ke puncak

C. Pendakian
Basecamp – Puncak Bayangan

Beranjak dari basecamp pendaki akan melewati ladang pertanian sekitar 5 menit. Setelah itu jalan akan memasuki hutan gunung manglayang yang tidak begitu lebat. Jalan yang dilalui akan sangat terjal dan menanjak hingga puncak bayangan. Untuk sampai di puncak bayangan memerlukan waktu sekitar 30 – 60 menit

Namun para pendaki dapat langsung berbelok ke arah kanan di pertigaan yang akan dijumpai pendaki sekitar 5 - 10 menit sebelum puncak jika ingin langsung menuju puncak tertinggi gunung manglayang

Puncak Bayangan – Puncak Manglayang

Setelah sampai puncak bayangan pendaki harus sedikit turun menuju sebuah pertigaan. Jalan ke kanan adalah jalur pulang menuju basecamp sedangkan jalan lurus adalah menuju puncak tertinggi manglayang. Untuk menuju puncak tertinggi memerlukan waktu sekitar 30 – 45 menit. Puncak tertinggi manglayang berupa tanah yang luas dan masih terletak dalam lindungan hutan. Di kawasan tersebut ada makam yang biasanya di ziarahi para pengunjung.