"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Merbabu (Jalur Selo)

Gunung Merbabu terletak di wilayah Magelang dan Boyolali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung Merbabu adalah salah satu gunung paling indah di Indonesia. Pendakian gunung Merbabu cukup populer karena gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi, tapi pemandangan yang tersaji sangatlah indah. Jalur pendakian gunung Merbabu yang paling tua adalah jalur Thekelan. Setelah itu muncul jalur jalur pendakian lain seperti jalur selo, jalur wekas dan jalur Chuntel

Gunung Merbabu di kenal memiliki 7 buah puncak dengan 2 puncak tertinggi yaitu puncak Syarif (3.119 mdpl) dan Puncak Trianggulasi (3.142 mdpl). 5 puncak lainya adalah Watugubuk, Watutulis, Gegersapi, Ondorante dan Kentengsongo. Gunung ini juga memiliki 5 buah kawah yaitu  kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

1) Transportasi 
Basecamp pendakian gunung merbabu jalur selo terletak di dusun tarubatang, desa genting, kecamatan selo, kabupaten boyolali. Jalur pendakian selo memiliki 2 basecamp yang bisa digunakan. Ke dua basecamp tersebut terletak  sekitar 50 meter sebelum gapura jalur pendakian gunung merbabu. Ada papan petunjuk di depan kedua basecamp tersebut sehingga pendaki dapat dengan mudah menemukanya. 

Anda dapat naik bus jurusan boyolali-magelang kemudian turun di sekitar polres selo. Dari selo tidak ada angkutan yang bisa digunakan untuk menuju basecamp. Anda dapat menggunakan ojek dengan tarif sekitar 10.000 rupiah. Jalan yang digunakan untuk menuju basecamp cukup membingungkan. Anda harus sering bertanya pada warga setempat jika menuju basecamp dengan kendaraan sendiri. Jalan yang dilalui untuk sampai basecamp adalah jalan aspal yang tidak begitu bagus. Jalan tersebut sangat menanjak sehingga terkadang jika anda melewatinya dengan menggunakan motor, salah satu penumpangnya harus turun untuk meringankan beban. 

2) Perijinan
Setelah sampai di basecamp anda dapat melakukan registrasi dengan tarif 4.000 rupiah per orang. Jika anda menitipkan motor maka akan dikenai biaya tambahan sekitar 3.000 rupiah per motor. Di semua jalur pendakian gunung merbabu tidak diberlakukan sistem kouta yang artinya jumlah pendaki gunung merbabu tidak dibatasi kecuali ada hal hal penting seperti kebakaran hutan, jalur pendakian longsor atau sedang dilakukan pencarian pendaki lain yang hilang.

Untuk melakukan registrasi tidak diperlukan surat surat khusus seperti surat keterangan sehat, surat pengantar organisasi dan surat pengantar dari kepolisisan. Anda dapat menggunakan KTP atau SIM untuk melakukan registrasi.

3) Diskripsi pendakian
Untuk melakukan registrasi tidak diperlukan surat surat khusus seperti surat keterangan sehat, surat pengantar organisasi dan surat pengantar dari kepolisisan. Anda dapat menggunakan KTP atau SIM untuk melakukan registrasi. 

a) Basecamp - pos 1
Pertama tama pendaki akan melewati gerbang pendakian gunung Merbabu jalur selo. Setelah itu pendaki akan berjalan di tengah tengah hutan pinus yang biasanya digunakan sebagai tempat camping ground. Jalan yang dilewati terbilang landai dan cukup jelas. Sepanjang perjalanan menuju pos 1 akan banyak ditemui petunjuk arah yang menuntun para pendaki. Dari basecamp menuju pos 1 membutuhkan waktu sekitar 60 menit perjalanan

Pos 1
Pos 1 berupa sebidang tanah yang bisa digunakan untuk mendirikan 2 buah tenda ukuran sedang. Pos 1 terletak di tengah tengah hutan sehingga tidak ada pemandangan yang bisa dilihat. Di pos 1 tidak terdapat mata air atau bangunan yang bisa digunakan untuk berteduh.

b) Pos 1 - pos 2
Sepanjang perjalanan menuju pos 2 jalur yang dilalui masih cukup landai. Jalur membentang di tengah tengah hutan tropis sehingga terasa sejuk walaupun melakukan pendakian pada siang hari. Di tengah tengah perjalanan menuju pos 2 pendaki akan melewati pos bayangan 2. Sesaat sebelum sampai di pos bayangan 2 pendaki akan melewati sebuah tanjakan yang sangat terjal. Tanjakan ini adalah lintasan yang paling berat sepanjang perjalanan menuju pos 2. Untuk menuju pos 2 membutuhkan waktu sekitar 45 menit – 60 menit.  

Pos 2
Kondisi pos 2 mirip dengan pos 1 yang berupa sebidang tanah tanpa bangunan. Pos 2 lebih sempit daripada pos 1. Di pos 2 tidak ada sumber mata air. Vegetasinya berupa peralihan hutan hujan pegunungan dan hutan hujan sub alpin. Pos 2 juga terletak di tengah tengah hutan sehingga tidak ada pemandangan yang bisa dilihat. 

c) Pos 2 - pos 3
Setelah meninggalkan pos 2 jalur pendakian mulai keluar dari hutan. Pendaki bisa menyaksikan pemandangan lembah pegunungan dan bunga edelweis yang tumbuh di lereng gunung. Sepanjang perjalanan menuju pos 2 jalur yang dilalui masih cukup landai. Untuk sampai di pos 3 pendaki membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 45 menit.

Pos 3
Pos 3 bernama pos watu tulis. Pos 3 berupa tanah datar yang cukup luas. Di pos 3 pendaki bisa mendirikan banyak tenda sekaligus. Pos 3 terletak di medan terbuka sehingga angin akan langsung menerjang tenda para pendaki. Di pos 3 tidak terdapat mata air. Pemandangan di pos 3 sangat indah. Tampak gunung merapi berdiri dengan gagahnya jika pendaki menghadap ke arah selatan.
d) Pos 3 - Pos 4/Sabana 1 
Jalur yang dilewati untuk sampai di pos 4 adalah lintasan yang paling terjal sepanjang jalur pendakian selo. Jalur yang dilewati berupa tanah merah yang sangat berdebu jika siang hari dan sangat licin jika hujan. Banyak percabangan jalan sepanjang perjalanan menuju pos 4, tapi semuanya akan kembali menyatu sebelum tiba di pos 4. Sekitar 10 menit sebelum tiba di pos 4 pendaki akan melewati sebuah tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Pemandangan sepanjang perjalanan menuju pos 4 sangat indah sehingga bisa menjadi obat untuk mengatasi kelelahan para pendaki. Untuk sampai di pos 4 membutuhkan waktu sekitar 60 menit – 75 menit.

Pos 4
Pos 4 sering disebut sebagai sabana 1 karena memang pos 4 terletak di pinggir sebuah sabana yang indah. Di pos 4 tidak terdapat mata air ataupun bangunan yang bisa digunakan untuk berteduh. Pendaki dapat mendirikan tenda di antara pohon pohon di pinggir sabana untuk melindungi tenda dari terpaan angin. 

e) Pos 4 - Pos 5/Sabana 2
Sepanjang perjalanan menuju pos 5 pendaki akan melewati pemandangan yang sangat indah. Sabana 1 terlihat sangat menawan jika dilihat dari tempat yang lebih tinggi. Jalur yang dilewati tidak terlalu menanjak dan tidak begitu jauh. Pendaki akan melewati jalur yang terletak di lintasan terbuka. Untuk sampai di pos 5 membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 45 menit.
 
Pos 5 sering disebut sebagai sabana 2 karena memang letaknya berada di pinggir sebuah sabana. Di pos 5 tidak terdapat mata air ataupun bangunan yang bisa digunakan untuk berteduh. Pendaki dapat mendirikan tenda di antara pohon pohon di pinggir sabana untuk melindungi tenda dari terpaan angin. 

Pos 5
f) Pos 5/Sabana 2 - Puncak Trianggulasi
Sekitar 5 menit dari pos 5 pendaki akan menemukan sebuah shelter di sisi kiri jalan. Sepanjang perjalanan menuju puncak trianggulasi pendaki akan menemukan kumpulan bunga edelweis yang sangat menawan. Jalur yang dilalui terus menanjak hingga puncak trianggulasi. Jalur yang dilalui berada di lintasan terbuka sehingga kabut dan angin akan langsung menerjang para pendaki. Untuk sampai di puncak trianggulasi membutuhkan waktu sekitar 60 menit – 90 menit. Puncak trianggulasi adalah puncak paling tinggi diantara ke 7 puncak gunung merbabu. Dari sini pendaki bisa melihat gunung merapi yang berdiri dengan gagahnya di sebelah selatan. 

Puncak Trianggulasi

Baca Juga :
Jalur Pendakian Gunung Merbabu (Jalur Thekelan)
Jalur Pendakian Gunung Merbabu (Jalur Wekas) 
Jalur Pendakian Gunung Merbabu (Jalur Chuntel) 


25 komentar:

Fajar Bagas Adhi mengatakan...

Untuk jalur pendakian apa lebih enak naik melalui jalur wekas turun di jalur selo apa naik dari jalur selo turun di jalur wekas? Terimakasih :D

Adriyano Louizzao mengatakan...

@Fajar Bagas Adhi, mungkin lebih enak naik dr wekas turun di selo, soalnya trek selo lebih menanjak dari wekas, begitu menurutku, :D

dea chadiza mengatakan...

permisi numpang tanya. Jalur pendakian Merbabu yg lumayan banyak sumber air itu jalur mana ya?
Saya baca penjelasan mas, jalur selo sepertinya tidak ada sumber mata air.
Untuk pendakian melalui semua jalur, kira2 butuh waktu berapa hari ya? *sedang hitung2an hari-nya untuk disesuaikan dengan cuti :D
Lalu, untuk rekomendasi jalur bagi pendaki pemula, yang ringan melalui jalur mana ya?
Ditunggu tanggapannya. Terimakasih banyak :)

gen mengatakan...

mantap masbro..Thanks infonya
sajian artikelnya sangat jelas..lengkap dengan waktu tempuh. Skrg lumayan udah ada pencerahan bwt jalur merbabu via selo. Coz ane ada rencana nanjak ke sana bulan ini..

anggi al mengatakan...

trimakasih gan atas infonya...
sangat membantu, saya juga bulan depan mau naik kesana..

http://munggahgunungyo.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Mantap bang, rencana mau ndaki lewat selo, minggu besok. Kira2 jalur selo membingungkn gak ya bang? :-D
thx inponya

choyyrul anwar mengatakan...

thx bang inponya.
salam pendaki..

Anonim mengatakan...

bukannya puncak tertinggi merbabu itu kenteng songo ya?

Fahmi Danu mengatakan...

bang, enak lewat chuntel apa selo??

Anonim mengatakan...

Menurut pengalaman ane sih enakan naik dari selo turun ke wekas.. karna jalur selo itu lebih landai dari wekas. jalur wekas hampir semua tanjakan yg lumayan terjar. dan mau komentar mas bukankah puncak tertinggi gunung merbabu itu kentengsongo!!

Andri Budiyanto mengatakan...

merbabu memang kereen gan, kunjungi juga My experience

Adriyano Louizzao mengatakan...

Puncak trianggulasi lebih tinggi dari puncak kenteng songo, puncak kentengsongo itu puncak tepat sebelum puncak trianggulasi yang mana disitu juga terdapat batu yang disebut dengan kenteng

Ainun Najib mengatakan...

maf mas mau tanya ni. jalur pendakian merbabu yng paling baik buat pemula itu lewat jalur mna ya. ap bener lewar jqlur selo? terimakasih

ini gue mengatakan...

mas, kalo dari jakarta ke boyolali naik kereta apa ya? sama ke basecamp selonya gimana? suwun..

amto cateran mengatakan...

melayani cateran antar jemput para pendaki merbabu merapi bisa hub;085867660757

Dedi Yusuf mengatakan...

tanggal 16-17 agustus besok apa ada yang mau naik ke merbabu ? yuk berangkat bareng . aku dari surabaya . makasih :)

Nita Christyanti mengatakan...

jalur via selo, wekas, cunthel done!
masih pnya satu PR , via tekelan ... :))

Antok Mangkubumi mengatakan...

Tempat yang bagus gan..

Antok Mangkubumi mengatakan...

Tempat yang bagus gan..

Salsabila Anjani mengatakan...

Kalo saya dulu nanjak Merbabu naik lewat wekas turun lewat selo, pokok nya mantap!

jangan lupa mampir ke blog kita ya kakak pendakinseru@blogspot.com

Salsabila Anjani mengatakan...

mampir ya ke blog saya di pendakianseru.blogspot.com

petani adv mengatakan...

besok ada yang 17 san di gunung merbabu tidakyah?

petani adv mengatakan...

besok ada yang 17 san di gunung merbabu tidakyah?

Agen Wisata Karimunjawa mengatakan...

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Agen Wisata Karimunjawa mengatakan...

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Posting Komentar