"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Kartu As


Kartu As adalah kartu yang paling menakutkan dalam setiap permainan kartu. Kartu ini mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam sebuah permainan. Dengan kartu ini kita bisa mengendalikan permainan dan membalikkan keadaan. Sering kali kartu As menjadi kunci utama sebuah kemenangan.

Begitu pula dengan kehidupan, setiap manusia harusnya memiliki kartu As dalam dirinya. Setiap manusia harusnya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia lainya. Jika kita hidup tanpa “kartu As” maka kita tidak akan pernah menjadi pemenang. Kita butuh “kartu As” untuk menaklukkan kehidupan yang semakin keras.

Banyak orang yang beranggapan bahwa dalam hidup ini kita harus terus belajar agar menjadi sosok yang pintar dan mempunyai nilai yang tinggi. Saya bilang dengan tegas bahwa semua itu belum cukup. Dalam hidup ini banyak orang pintar dengan nilai yang tinggi. Percayalah bahwa orang pintar dengan nilai tinggi telah menjadi hal yang biasa pada era sekarang. Kita butuh sesuatu yang lebih daripada itu.

Misalkan saya adalah bos dari perusahaan besar yang sedang mencari pekerja. Saya menerima banyak lamaran pekerjaan dari sekian ribu orang. Dari sekian ribu orang tersebut perusahaan ini hanya butuh segelintir pekerja. Oleh karena itu saya akan mencari yang terbaik dari yang terbaik. Saya mulai membaca satu persatu surat lamaran yang masuk beserta data data tambahan seperti surat keterangan organisasi, surat keterangan kerja piagam dan lain sebagainya.

Yang harus anda tahu adalah dalam persaingan ini tidak ada lagi yang namanya orang goblok. Semuanya adalah orang pintar dengan nilai tinggi. Hanya orang orang pintar yang bisa bertahan sejauh ini. Jika mereka tidak pintar maka mereka tidak akan bisa lulus dari universitas ternama atau bahkan tidak bisa masuk ke universitas ternama. Dalam persaingan level atas tidak ada lagi orang goblok, semuanya orang pintar dengan nilai tinggi.

Sebagai bos saya sudah bosan melihat orang orang pintar dengan nilai tinggi. Hampir semua pelamar mempunyai karakteristik yang sama. Saya butuh orang orang luar biasa. Seseorang yang mempunyai sesuatu yang lebih daripada yang lain. Kemudian mata saya terhenti pada sebuah nama. Nama tersebut mempunyai pengalaman organisasi yang begitu hebat. Dia adalah seorang Pendiri Organisasi.

Saya yakin orang ini mempunyai kemampuan leadership yang luar biasa hingga bisa mendirikan sebuah organisasi. Saya butuh orang orang seperti ini, saya butuh seorang pemimpin yang bisa dipercaya, yang bisa mengontrol semua pekerjaan yang ada di perusahaan. Saya menyimpan nama ini untuk menjadi pertimbangan sementara.

Kemudian mata saya kembali terhenti pada sebuah nama. Nama tersebut mempunyai sangat banyak hobi mulai dari Bermain guitar, Bass, Piano, Futsal, Sepak bola, Badminton, Catur, Mendaki Gunung, Menulis dan Fotografi. Saya butuh orang orang seperti ini, dia adalah seorang yang “Multitalenta”. Orang orang ini bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan sekaligus. Mungkin orang orang ini juga bisa merangkap beberapa posisi sekaligus. Saya kembali mencatat satu nama.

Mata saya terhenti pada seseorang yang mempunyai riwayat pekerjaan luar biasa. Orang ini masih sangat muda tapi memiliki posisi yang sangat tinggi dalam riwayat pekerjaanya. Dia pernah mengerjakan pekerjaan dengan nilai kontrak yang sangat tinggi. Saya yakin orang ini mempunyai kemampuan managemen yang bagus. Posisinya yang sangat tinggi dalam pekerjaan mengindikasikan prestasinya yang sangat luar biasa. Orang ini sepertinya sudah terlatih mengemban tanggung jawab besar. Orang ini sepertinya sudah sangat dipercaya oleh perusahaan. Saya catat nama ini.

Lagi lagi mata saya terhenti pada sebuah nama. Dia adalah mahasiswa yang pernah menjalani pertukaran pelajar ke luar negeri. Saya yakin orang ini sangat mahir bahasa inggris Kemampuanya tidak bisa diragukan lagi. Saya butuh orang orang seperti ini untuk menjalin kerjasama dengan pihak pihak asing. Saya juga mencatat nama ini.

Setelah memilih beberapa nama saya segera memanggilnya untuk interview. Dari nama nama tersebut akan dipilih satu pemenang. Semua data selain nama nama tersebut itu saya singkirkan dari meja. Berkas berkas dengan nilai setinggi langit tersebut tersingkir begitu saja. Saya bosan melihat berkas berkas dengan nilai tinggi. Hal itu sudah biasa saya lihat. Saya butuh sesuatu yang lebih. Mereka yang terpilih adalah orang orang luar biasa dengan berbagai kemampuan. Mereka memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang orang lain.

Mereka yang memiliki “sesuatu yang lebih” tersebut akan menjadi pemenang. Mereka menang karena memiliki kartu As yang tidak dimiliki oleh orang lain. Mereka tidak menang karena pintar atau karena mempunyai nilai yang tinggi. Mereka menang karena memiliki “Kartu As”

Kita butuh kartu As untuk menang.

Segera cari kartu As mu !

Temukan jika ingin menang !

“Pemenang selalu berbeda dengan kebanyakan, karena perbedaan itu lah yang membuatnya menjadi pemenang”-Catatan Pendaki Gunung

2 komentar:

Srikandi Mapoliska mengatakan...

Semakin kagum dengan konsep hidup u bang,,, Good (y)..

ghani purnomo mengatakan...

:)

Posting Komentar