"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Guntur

Jalur Air Terjun Citiis

Gunung guntur adalah gunung yang yang mempunyai ketinggian 2.249 mdpl. Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi paling aktif pada dekade 1800-an. Tapi sejak itu aktivitasnya kembali menurun. Erupsi Gunung Guntur pada umumnya disertai dengan lelehan lava, lapili dan objek material lainnya.

Gunung ini mungkin tidak setinggi gunung lainya di jawa barat. Tapi gunung guntur memiliki medan pendakian yang cukup sulit. Pendaki harus melewati medan berpasir untuk bisa sampai di puncak gunung guntur.
 
Transportasi
Setelah sampai di Bandung pendaki harus bergerak ke arah Garut. Sekitar 6 Km Sebelum sampai di kota garut pendaki akan melewati sebuah kecamatan yang bernama Taronggong. Setelah itu pendaki tinggal mencari lokasi wisata air terjun citiis yang terletak di dekat pertambangan pasir.

Informasi
1. Basecamp
Di jalur ini tidak ada basecamp. Para pendaki dapat menitipkan motor di rumah RW desa setempat. Para wisatawan yang berkunjung ke air terjun juga biasanya menitipkan motor di rumah  RW.
2. Registrasi
5 Ribu / Orang
3. Waktu Tempuh
5 – 6  jam perjalanan 
4. Mata air
Mata air terakhir terletak di air terjun citiis

Pendakian
Basecamp – Penambangan Pasir
Untuk menuju pertambangan pasir pendaki dapat menumpang truk truk pasir yang berlalu lalang. Truk pasir akan mulai berhenti beraktifitas ketika hari muali gelap. Jika tidak mendapat tumpangan pendaki dapat berjalan sekitar 45 – 60 menit.

Penambangan pasir – Air Terjun Citiis
Untuk sampai di air terjun citiis pendaki harus menempuh jalan setapak di tengah hutan sekitar 500 Meter dari pertambangan. Jalan yang dilalui akan berada di sekitar aliran sungai yang menjadi pelarian air dari air terjun citiis. Jalan yang dilalui cukup rumit karena sering menyebrang sungai. Sebagai patokan pendaki dapat mengikuti pipa besar yang berwarna putih. Untuk sampai di air terjun membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 menit

Air Terjun – Puncak Guntur 1
Beranjak dari air terjun citiis jalur yang akan dilewati akan sangat terjal dan menguras tenaga. Untuk melanjutkan perjalanan pendaki dapat mengambil jalan yang lurus dan menanjak. Jangan menyebrang sungai yang ada di kanan jalan dan jangan memanjat punggungan terjal di sebelah kiri jalan. Jalan yang dilalui akan berada di tengah hutan yang tidak terlalu lebat. Dari air terjun menuju puncak guntur 1 jalan akan sangat terjal dan menguras tenaga. Jalur ini adalah jalur paling terjal di kawasan jawa barat, bahkan lebih terjal dari tanjakan seruni di gunung ciremay.

Setelah berjalan sekitar 30 menit maka pendaki akan mulai keluar dari hutan. Jalur akan berada di tengah padang ilalang. Jalur akan berbelok menyebrang punggungan sebelah kiri. Jalur yang dilewati terdiri dari batu, pasir dan kerikil yang sangat terjal hingga puncak guntur 1. Jalur akan membentang di daerah padang ilalang yang terbuka. 

Pendaki tidak akan bisa bersembunyi dari panas mentari jika melakukan perjalanan pada siang hari. Setelah pendaki sampai di ujung bukit sekitar 30 menit sebelum puncak guntur 1 maka pendaki dapat melalui 2 jalan yang menuju puncak gunung guntur 1. Pendaki dapat memilih jalan yang lurus dan langsung menanjak atau memilih jalan yang datar melipir ke arah kanan. 

Jalan yang melipir ke kanan akan terasa lebih mudah dan lebih singkat. Di puncak guntur 1 terdapat sebuah tugu Bencmark buatan ITB bandung. Ketinggian di puncak guntur 1 sudah lebih dari 2000 Mdpl. Dari air terjun citiis perjalan ini akan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam

Puncak Guntur 1
Puncak Guntur 1 – Puncak Guntur 2
Setelah sampai di puncak guntur 1 maka pendaki harus sedikit turun dan kembali naik ke puncak guntur 2. Jalan yang dilalui akan membentang di tengah padang rumput. Daerah ini sangat berbahaya ketika berkabut. Perjalanan menuju puncak guntur 2 memerlukan waktu sekitar 30 – 45 menit. Di puncak guntur 2 ada bekas lelehan lahar yang mengering tampak seperti aspal landasan helikopter mini.

Puncak Guntur 2
Puncak Guntur 2 – Puncak Guntur 3

Untuk menuju puncak guntur 3 pendaki harus kembali menuruni jalan yang terjal. Di sela sela jalan akan mengepul belerang dari lubang lubang tanah. Setelah itu pendaki akan sampai di sebuah perempatan jalan. Pendaki harus mengambil jalan yang terus menanjak terjal. Di ujung tanjakan pendaki akan menjumpai sebuah tempat yang cukup datar. Di tempat itu ada bekas lelehan lahar yang sudah mengering seperti aspal. 



Setelah itu pendaki kembali akan memasuki hutan yang tak begitu lebat. Jalur akan berbelok ke arah kiri dan sedikit menurun. Setelah itu jalur akan terus menanjak hingga puncak guntur 3. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 60 – 90 menit.



 Salam Lestari