"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Loyalitas Organisasi



Pengertian loyalitas berasal dari bahasa inggris 'loyal' yang artinya setia. dan kesetiaan adalah kualitas yang menyebabkan kita tidak menggemingkan dukungan dan pembelaan kita pada sesuatu. Loyalitas lebih banyak bersifat emosional, loyalitas adalah kualitas perasaan, dan perasaan tak selalu membutuhkan penjelasan rasional.

Pada beberapa organisasi ajaran tentang loyalitas menjadi salah satu bagian penting dalam pembelajaran. Seorang anggota organisasi tanpa loyalitas hanya akan tampak seperti kacang yang lupa pada kulitnya. Mereka tidak akan pernah kembali pada organisasi untuk membesarkanya. Mereka tidak akan memberikan pengaruh positif pada organisasi.

Hanya di organisasi pecinta alam seperti SISPALA atau MAPALA kita akan menemukan hal hal menarik tentang loyalitas. Seorang yang sebenarnya sudah lulus dan sudah bekerja di pulau yang jauh di luar sana rela kembali dan meninggalkan kesibukanya hanya untuk menghadiri acara MAPALA atau SISPALA. Ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan secara logika kenapa orang orang tersebut bisa melakukanya.

Senior organisasi SISPALA, Mas 'Henry Bella' pernah mengatakan :
Mungkin kita bisa mendaki gunung gunung yang tinggi tanpa harus ikut organisasi pecinta alam
Tapi nanti beberapa tahun lagi atau ketika kita sudah mulai tua
Kita tidak punya 'rumah' untuk pulang

Berbeda halnya dengan anggota organisasi pecinta alam yang biasanya keanggotaanya seumur hidup. Para senior bisa kembali ke organisasinya kapanpun. Di 'rumah' selalu ada sambutan hangat untuk mereka. 'Rumah' tidak akan pernah kosong karena selalu ada anggota baru setiap tahun. Di 'rumah' kita bisa mengingat banyak hal yang telah kita lewati bersama organisasi tersebut. Semua cerita, kisah dan kenangan manis terukir indah dalam 'rumah'.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mempunyai organisasi. Beberapa tahun lagi mereka akan kesepian. Tidak ada rumah bagi mereka untuk pulang. Tidak ada lagi basecamp yang bisa dituju. Tidak ada lagi teman untuk berpetualangan. Mereka hanya bisa duduk di rumah sambil meratapi kebanggaan akan gunung gunung tinggi yang telah didaki.

Prinsip Loyalitas SHERPA Geodesi UNDIP (Adriyano Louizzao)
Pedang dibuat dari besi yang tumpul, 
Besi tumpul tidak bisa digunakan untuk memotong apapun,
Besi tersebut ditempa, dibakar dengan api yang sangat panas hingga jadilah pedang,
Setelah itu pedang tidak akan pernah kemanapun,
Dia selalu ada untuk melindungi nyala api,


Tanpa api mereka hanyalah besi yang tumpul, Ingat itu !

Besi : Calon anggota
Pedang : Anggota
Api : Organisasi
"Besarkan organisasi yang membuatmu besar"

Gn. Ungaran, November 2013
Inspirasi : Diklatsar angkatan 4 SHERPA

SALAM LESTARI

1 komentar:

laila fafirani mengatakan...

mantap kak

Posting Komentar