"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Welirang

Jalur Tretes
Gunung welirang mempunyai tinggi sekitar 3.156 mdpl. Gunung Welirang adalah salah satu gunung penghasil belerang. Penduduk lokal biasanya mengambil belerang di puncak gunung welirang untuk di jual. Mereka harus membawa belerang yang sangat banyak dengan menggunakan gerobak dan ada pula yang di gendong. Kisah mereka yg tragis menjadi kisah pilu di negara kaya ini.

A. Transportasi
Untuk menuju kawasan tretes sangatlah mudah karena banyak petunjuk jalan yang akan mengantarkan anda ke tujuan. Sesudah pendaki sampai di kawasan wisata tretes, pendaki dapat mencari pos perijinan yang terletak di seberang hotel tanjung.

B. Informasi
1. Basecamp
Di jalur tretes tidak terdapat basecamp. Para pendaki biasanya beristirahat di mushola kecil di belakang pos perijinan. Namun para pendaki dapat menitipkan motor di pos perijinan.
2. Registrasi
5 Ribu / Orang
3. Waktu Tempuh
11 – 12 jam perjalanan
4. Mata air
Terdapat mata air di pet bocor,kokopan dan pondoan

C. Pendakian
Basecamp – Pet Bocor
Hingga Pet Bocor jalur masih rapi disemen dengan kemiringan yang sangat tajam, sehingga bisa dijadikan pemanasan pendakian yang cukup menguras nafas dan tenaga. Dengan suasana lingkungan yang bersih dan sejuk karena masih terlindungi oleh pohon-pohon besar. Setelah berjalan sekitar 10 – 15 menit pendaki akan bertemu dengan sebuah bangunan yang rencananya akan digunakan sebagai villa. Setelah itu jalur yang dilewati pendaki akan bersatu dengan jalur yang berasal dari air terjun kakek bodo. Jalan yang dilewati masih berupa jalan yang di semen sehingga mobil jip bahkan motor bisa sampai di pos pet bocor. Perjalanan dari basecamp ke pet bocor membutuhkan waktu sekitar 45 – 60 menit.
Di pos pet bocor terdapat sebuah warung di sebelah kiri jalan. Di depan warung ada banyak tempat datar yang biasanya digunakan sebagai tempat berkemah. Pendaki papat mengambil air di pipa kecil yang ada di depan warung.

Pet Bocor – Kokopan
Beranjak dari pos pet bocor jalur yang dilewati pendaki masih sama seperti sebelumnya. Beberapa menit berselang maka pendaki akan sampai pada pos pemeriksaan pendakian yang terletak di kanan jalan. Setelah itu jalanan yang tadinya rata berubah menjadi jalanan berbatu yang sudah rusak. Jalanan ini biasanya di lewati mobil jip pengangkut belerang hingga ke pondokan.
Beranjak dari pos pemeriksaan pendaki akan melewati daerah perkebunan penduduk. Di daerah ini nyamuk sangat banyak dan terkadang nyamuk demam berdarah juga berterbangan mengintai pendaki. Pendaki akan terus melewati jalan berbatu yang membosankan hingga sampai pada pos kokopan. Untuk sampai di pos kokopan pendaki membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Di pos kokopan terdapat sumber air yang berasal dari sungai yang mengalir deras. Di situ juga terdapat sebuah tempat MCK sederhana yang sudah mulai rusak. Di depan tempat MCK terdapat bangunan seperti warung yang buka pada hari hari tertentu. Di depan sekitar warung banyak bongkahan belerang yang berbau menyengat.

Kokopan – Pondoan
Menuju pondokan pendaki dapat menggunakan 2 jalur. Jalur yang pertama pendaki dapat melewati jalur yang berupa jalan setapak yang sangat menanjak. Jalur akan membentang di tengah hutan dengan di hiasi semak semak yang cukup lebat. Menggunakan jalur ini pendaki akan sampai di pondokan sekitar 3 – 4 jam.

Pendaki dapat juga menggunakan jalur mobil jep yang menuju kokopan. Jalur yang di lalui akan membentang di tengah tengah hutan cemara. Jalur membentang sangat landai dan jauh sehingga akan membuat bosan perjalanan para pendaki. Beberapa menit sebelum pondokan pendaki akan melewati sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan belerang. Di sinilah para mobil jep mengangkut belerang yang telah di kumpulkan oleh para penambang. Beberapa menit berjalan maka pendaki akan sampai di pondokan. Dengan menggunakan jalur jep pendaki akan menghabiskan waktu sekitar 4 – 5 jam perjalanan.
Pondokan adalah sebuah pemukiman kecil yang digunakan para penambang belerang untuk singgah. Penambang belerang ini kebanyakan adalah orang madura. Pendaki tidak disarankan untuk meninggalkan apapun dan menitipkan apapun di kawasan pondokan karena banyak barang barang pendaki hilang di daerah ini. Pendaki dapat mengambil air di sungai yang terletak di kanan lintasan.
Pondokan
Pondoan – Puncak Welirang
Menuju puncak welirang pendaki akan melewati jalan menanjak ke arah kanan. Jalur kembali akan membentang di tengah hutan yang asri. Banyak percabangan jalur di area ini sehingga pendaki harus berhati hati. Di Jalur yang akan dilewati pendaki terdapat jejak jejak ban grobak yang digunakan penambang untuk mengangkut belerang.
Setelah keluar dari hutan pendaki akan menyusuri jalanan yang terdiri dari batuan dan belerang. Jalur akan berkelak kelok hingga sampai pada puncak tertinggi welirang. Di tengah jalan pendaki akan melewati sebuah goa besar di sisi kiri jalan. Goa tersebut sangat keramat di kalangan penduduk sekitar sehingga pendaki tidak disarankan mendirikan tenda di dalam goa. Dari atap goa menetes air bersih yang dapat digunakan para pendaki yang haus. Air tersebut terus menetes dan takkan pernah habis walau musim kemarau sekalipun.

Setelah itu pendaki akan terus melewati jalan yang tidak seterjal sebelumnya hingga sampai ke puncak welirang. Jalan yang dilewati berupa batuan dan kerikil yang cukup landai. Jalan yang dilewati sedikit rumit karena banyak bukit yang ketinggianya mendekati puncak. Cuaca di puncak welirang terkenal paling extreme di antara gunung gunung lainya. Di puncak welirang sering terjadi kabut yang pekat dan terkadang badai lebat. Pendaki di tuntut sangat berhati hati jika melewati kawasan ini.
Beranjak dari goa pendaki akan melihat sebuah bukit di kanan jalan yang cukup tinggi. Pendaki harus berbelok ke kiri dan mendaki sebuah bukit. Dari atas bukit puncak welirang sudah mulai terlihat dari jauh. Pendaki terus bergerak mengikuti jalan yang tidak terlalu menanjak.
Jalan tersebut kembali akan mengantarkan pendaki pada sebuah bukit. Jangan ikuti jalan yang naik ke atas bukit dan ikutilah jalan yang landaki di sisi kanan bukit. Bukit tersebut mungkin hanya berbeda ketinggian sekitar 20 – 30 meter dari puncak welirang. Beberapa menit berjalan pendaki akan sampai pada puncak welirang. Perjalanan total dari pondokan ke puncak welirang memakan waktus sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan.


Baca Juga :
Jalur Pendakian Gunung Arjuna (Jalur Tretes)
Jalur Pendakian Gunung Arjuna (Jalur Lawang)