"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Arjuna (Jalur Lawang)

Jalur Lawang

Gunung Arjuna terletak di wilayah Batu Malang yang merupakan suatu pegunungan dengan banyak puncak. 2 Puncak tertinggi yaitu Puncak Arjuna dengan ketinggian 3.339 dan puncak Welirang dengan ketinggian 3156 mdp. Gn. Arjuna-Welirang dapat didaki dan berbagai jalur diantaranya jalur Lawang (10 jam ke puncak Arjuna), Jalur Tretes (12 jam ke puncak arjuna & 10 jam ke puncak Welirang) dan Jalur Selecta ( 10 jam ke puncak Arjuna)

Informasi
Pos perijinan pendakian gunung Arjuna Terletak 13 Km dari jalan raya pandaan – Malang yang melewati Kec. lawang. Kab. Malang
1. Basecamp
Tidak terdapat basecamp di jalur ini. Hanya ada pos perijinan pendakian. Pendaki dapat menitipkan motor di warga setempat atau di pos perijinan.
2. Registrasi
5 Ribu / Orang
3. Waktu Tempuh
9 – 10 jam perjalanan
4. Mata air
- Pos 2
Jika Pendaki telah sampai di pos 2 maka untuk mencapai mata air pendaki harus berjalan sekitar 5-10 menit ke arah kiri jalur
- Pos 3
Jika pendaki telah sampai di pos 3 maka untuk mencapai mata air pendaki harus berjalan beberapa meter ke kanan jalur. Mata air berbentuk sungai yang hanya terisi air pada musim hujan. Jika pendaki berkunjung pada musim kemarau maka hanya akan dijumpai genangan air di sekitar aliran sungai

Pendakian
Basecamp – Pos 2
Pertama tama pendaki melewati pintu gapura dan selanjutnya menjumpai kebun teh yang teramat luas. Jalanan aspal berbelok kiri menjadi hidangan pembuka. Pendaki akan melewati sebuah pos satpam di perkebunan teh. Kemudian pendaki akan melewati sebuah desa kecil di kiri jalan. Di tengah jalan pendaki akan melewati pos 1 yang terletak di tengah perkebunan teh. Pos 1 berjarak sekitar 1 jam dari basecamp
Perjalanan di siang hari akan terasa panas karena pendaki akan menyusuri jalan setapak di tengah kebun teh yang bertabrakan langsung dengan matahari. Selang beberawa waktu pendaki mulai meninggalkan kawasan kebun teh dan melewati perkebunan. Jalan yang tersaji akan terasa sangat membosankan. Setelah mendaki 3 – 4 jam maka pendaki akan sampai di pos 2. Di pos 2 ada sebuah bangunan kecil dari kayu yang dapat di gunakan untuk bermalam.
Pos 2
Pos 2 – Pos 3
Di pos 2 ada persimpangan jalan yang ke 2 nya akan sampai pada pos 3. Jalan ke arah kiri akan mengantar anda menuju sabana yang sangat luas. Pemandangan di sini sangat indah,namun jalan ini memutar cukup jauh sehingga mengakibatkan jalan ini sangat datar dan menghabiskan cukup banyak waktu. Membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam untuk sampai di pos 3.
Perjalanan melewati sabana sangat indah. Kota malang menjadi pesona tersendiri dari mata yang berdiri di kawasan ini. Jalur sangat sempit karena terhalang oleh padang ilalang. Pendaki sebaiknya berhati hati jika melewati kawasan ini. Karena jalur kadang tertutup oleh rumput yang lebat.

Sedangkan Jalan ke arah kanan menuju punggungan bukit yang sangat menanjak. Setelah menyebrang sungai kering di sisi kanan lintasan akan sampai pada punggungan bukit yang menanjak. jalan ini lebih singkat namun lebih berat. Jalur ini akan memakan waktu yang lebih singkat daripada jalur yang melewati sabana.

Pos 3 berbentuk dataran sempit tanpa bangunan pos. Di pos 3 terdapat mata air yang ada jika musim hujan di sebelah kanan lintasan. Mata air tersebut berbentuk sungai dan terletak sekitar 30 meter dari lintasan.

Pos 3 – Pos 4
Beranjak dari pos 3 pendaki akan mulai memasuki kawasan hutan cemara. Jalur sangat rimbun bahkan tak jarang jalur tak terlihat karena tertutup rumput. Rumput dan ilalang pun berdiri tegak setinggi leher manusia. Perjalanan ke pos 4 memerlukan waktu sekitar 90-120 menit.
Pos 4
Pos 4 adalah dataran yang cukup luas yang mampu menampung beberapa tenda. Di pos 4 tidak ada bangunan apapun yang dapat di gunakan untuk berlindung. Puncak arjuna terlihat sangat dekat dari pos 4.

Pos 4 – Puncak
Lepas landas dari pos 4 pendaki akan melewati kawasan hutan lali jiwa. Hutan ini sangat lebat sehingga membuat jalan menjadi tak jelas. Di sini pendaki akan melewati rerumputan setinggi manusia dewasa. Jalur menjadi sangat tidak jelas dan membingungkan. Setelah 1 jam perjalanan pendaki akan keluar dari hutan lali jiwa. Setelah keluar dari hutan lali jiwo pendaki akan melewati sebuah sabana yang terdapat di tengah hutan cemara. Total waktu yang dibutuhkan untuk menggapai puncak dari pos 4 adalah sekitar 2 – 3 jam.
Di puncak pendaki dapat menyaksikkan gunung semeru yang tampak gagah berdiri. Di belakang gunung Semeru terdapat gunung argopura yang terlihat mistis. Kota kota tampak berserakan di bawah langit yang tampak membiru. Puncak welirang akan terlihat mengepul karena mengeluarkan belerang.
Puncak Arjuna
Dari puncak arjuna pendaki juga dapat melanjutkan perjalanan ke puncak welirang. Pendaki harus turun ke pondokan yang memerlukan waktu sekitar 2 jam dan melanjutkan perjalanan ke puncak welirang dengan jarak 2 - 3 jam. Pondokan adalah tempat pemukiman warga yang mencari belerang. Pondokan merupakan salah satu kawasan yang biasanya di pakai beristirahat oleh para pendaki yang mendaki lewat jalur tretes sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak arjuna atau welirang. Alternatif lain jika ingin melanjutkan perjalanan ke puncak welirang adalah dengan lewati puncak kembar 1 dan puncak kembar 2. Jalur yang dilalui akan sangat extreme dan berbahaya. Pendaki dapat turun ke lembah kidang dan mengikuti jalur yang mengarah ke puncak kembar 1 dan puncak kembar 2

Baca Juga :
Jalur Pendakian Gunung Arjuna (Jalur Tretes)