"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Menebang Pohon Demi Kertas

Manusia adalah satu-satunya makhluk di bumi, yang menebang pohon, membuat kertas dan kemudian menulis "SELAMATKAN POHON" di kertas tersebut
Pernah mendengar kalimat tersebut ?
Kalimat tersebut seolah olah menggambarkan bahwa manusia adalah makhluk yang kejam, mereka menebang banyak pohon  hanya untuk membuat kertas. Banyak orang yang berangggapan habisnya hutan adalah karena ulah manusia itu sendiri yang menebangnya untuk dijadikan kertas. Hutan akan semakin habis karena kebutuhan akan kertas yang tidak pernah berhenti. Akibatnya pemanasan global tidak bisa dihindarkan lagi dan bumi kita semakin gersang.
Salahkah jika manusia menebang pohon ?
Yang tidak pernah kita fikirkan adalah apa yang bisa diciptakan dari kertas kertas tersebut. 
Apakah anda yakin pak Soekarno, Soeharto, Habibie, Megawati, Gusdur hingga SBY tidak pernah membaca buku ? 
Apakah anda tidak tahu jika buku dibuat dari kumpulan kertas ?.
Kertas mampu menghasilkan orang orang besar dunia. Para presiden dan tokoh besar lainya adalah orang cerdas yang belajar banyak hal dari kertas. Kertas mengantarkan berbagai informasi untuk menjadikan mereka orang besar. Mereka adalah orang orang yang akan merubah dunia
Dunia juga banyak berubah karena kertas. Buku karya orang besar dunia akan menciptakan generasi yang cerdas. Generasi generasi tersebut lah yang akan menjadikan hidup kita lebih baik. Saya tidak yakin jika Penemu listrik, penemu lampu, penemu mobil, penemu pesawat, dll tidak pernah belajar dari kertas.
Mungkin saat ini kita bisa berbagi informasi melalui media komputer dan internet. Tapi jaman dulu hal hal seperti ini belum diciptakan. Mungkin penemu komputer dan internet juga banyak belajar dari kertas.
Salah satu bukti bahwa kertas mampu merubah dunia adalah al quran ataupun kitab kitab lainya. Petunjuk hidup dari tuhan tersebut dituliskan di kertas untuk dipelajari oleh umatnya. Kitab tersebut adalah kertas kertas yang menuntun manusia untuk hidup.
Saya yakin makhluk yang menebang banyak pohon untuk membuat kertas akan membayar semuanya kelak. Mereka akan membuat kehidupan yang lebih baik, mereka akan menciptakan kehidupan yang lebih cerdas.
SALAM LESTARI