"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

4 Alasan yang menyebabkan Gunung Semeru Begitu Populer

Gunung semeru merupakan gunung paling populer di indonesia. Pengunjung gunung semeru terus bertambah setiap waktu. Gunung semeru tidak pernah sepi oleh pendaki. Sepanjang perjalanan ke puncak kita akan selalu bertemu dengan rombongan pendaki dari seluruh negeri. Tempat camp di gunung semeru seperti ranukumbolo dan kalimati selalu dipadati oleh para pendaki. Gunung ini memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh gunung gunung lain di Indonesia, keberadaanya seakan menjadi magnet yang menarik jejak setiap pendaki. Ada beberapa alasan kuat mengapa gunung semeru begitu populer di kalangan pendaki. Diantaranya :

1. Gunung Semeru adalah salah satu gunung paling indah di Indonesia
Alasan paling kuat mengapa sebuah gunung didatangi adalah karena gunung tersebut menyimpan keindahan yang luar biasa. Keindahan tersebut menjadi daya tarik paling kuat yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju puncak mahameru pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Kelelahan para pendaki akan terbayar lunas oleh pemandangan yang tersaji.
Keindahan gunung semeru berhasil menarik mereka yang sebenarnya bukan pendaki gunung. Para fotografer dan wisatawan juga terkena virus untuk menyambangi keindahanya. Yang paling heboh tentunya adalah pembuatan film 5 Cm di gunung ini. Keindahan gunung semeru berhasil diabadikan dalam sebuah film karya anak bangsa. Penonton film ini membludak dari hari ke hari. Film ini benar benar berhasil memamerkan keindahan gunung semeru pada seluruh warga Indonesia.

2. Gunung Semeru adalah gunung paling tinggi di pulau jawa
Tinggi sebuah gunung merupakan salah satu alasan kuat mengapa para pendaki mengunjunginya. Sangat jarang para pendaki gunung mengunjungi gunung gunung yang memiliki ketinggian rendah. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa gunung gunung yang rendah seakan terabaikan oleh para pendaki. Di pulau jawa sendiri terdapat beberapa gunung yang sangat indah selain semeru. Tapi gunung gunung tersebut tidak terlalu tinggi sehingga kalah pamor jika dibandingkan dengan mendaki gunung semeru.

Status gunung semeru yang merupakan gunung paling tinggi di pulau jawa menjadikan setiap pendaki harus menyambangi puncaknya. Ada kebanggan tersendiri jika kita bisa menginjakkan kaki di puncak tertinggi pulau jawa. Gunung semeru juga merupakan gunung tertinggi ke 4 di indonesia setelah gunung Jaya Wijaya, Kerinci dan Rinjani

3. Gunung Semeru cukup mudah untuk didaki
Sebernarya tinggi sebuah gunung tidak bisa dijadikan patokan tentang seberapa sulit tingkat pendakianya. Ada beberapa gunung yang lebih rendah dari gunung semeru tapi memiliki tingkat pendakian yang jauh lebih sulit. Gunung semeru sendiri merupakan gunung dengan tingkat pendakian yang tidak begitu sulit. Hal ini menyebabkan siapa saja bisa mengunjungi puncaknya.

Jalur pendakian gunung semeru cukup jelas. Banyak papan pejuntuk arah yang akan memandu perjalanan pendaki. Hal itu menyebabkan sangat jarang pendaki gunung yang tersesat di gunung ini. Di gunung semeru juga terdapat beberapa mata air yang bisa digunakan oleh para pendaki. Fasilitas pendakian gunung semeru merupakan salah satu yang terbaik di indonesia. 

4. Gunung semeru mempunyai letak yang strategis
Gunung semeru terletak diantara kabupaten Malang dan Lumajang Propinsi jawa timur. Jalur pendakian gunung semeru dimulai dari Desa Ranupane yang terletak di Kecamatan Tumpang kabupaten malang. Keberadaan kota kota besar seperti Malang dan Surabaya menjadikan gunung ini begitu strategis. Malang sendiri merupakan salah satu kota besar di jawa timur. Kota malang terletak hanya sekitar 2 jam perjalanan dari kota Surabaya. Kota Surabaya adalah kota nomor 2 terbesar di indonesia. Di kota surabaya terdapat bandara dan pelabuhan yang biasa digunakan pendaki dari luar pulau jawa yang akan mendaki gunung semeru. Pendaki yang berasal dari pulau jawa bisa langsung menaiki bus atau kereta menuju kota malang. Pulau jawa sendiri adalah pulau paling padat di Indonesia. Pulau ini memiliki sarana transportasi yang sangat lengkap. Semua kota di pulau ini telah dihubungkan oleh beberapa kendaraan yang sangat mudah ditemui.

Keempat faktor tersebut menjadi alasan kenapa gunung semeru sangat populer di kalangan pendaki.

Bayangkan jika untuk mendaki gunung semeru memerlukan waktu tempuh 2 minggu,
Bayangkan jika gunung semeru hanya memiliki ketinggian 2000 mdpl,
Bayangkan jika gunung semeru tidak memiliki tempat tempat indah seperti Ranukumbolo,
Bayangkan jika gunung semeru terletak di sebuah pulau terluar indonesia,

apakah pengunjungnya akan sebanyak ini ?

4 Alasan tersebut yang menyebabkan Gunung Semeru begitu populer. Sangat pantas jika gunung ini menjadi gunung yang paling populer dikalangan pendaki.

SALAM LESTARI

Ditulis oleh : Adriyano Louizzao


4 komentar:

Piot Amy mengatakan...

mantap bener gan foto-fotonya, btw mau kapan naik lagi ke sana :v ikut ane gan

Adriyano Louizzao mengatakan...

Gabung aja di Komunitas Pendaki Gunung gan, pasti banyak temen buat nanjak ke sana

dyah yuli mengatakan...

Ranu kumbolo surganya Gunung semeru
Pengen lagi rasanya menahlukan puncak mahameru yang 5 kalinya :D
#salam ngelayap

ZACKY mengatakan...

koreksi saja, ranupane itu ikut kecamatan senduro, kabupaten lumajang

Posting Komentar