"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Jalur Pendakian Dayeuhmanggung

Gunung Cikuray  terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede, gunung Pangrango dan Gunung Ciremay. Gunung cikuray berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

A. Transportasi
Dari Bandung pendaki harus merapat ke kota garut. Kemudian pendaki harus menuju ke Perkebunan Teh Dayeuh manggung yang terletak di kec. Cilawu. Setelah sampai di daerah perkebunan pendaki harus kembali meneruskan perjalanan menggunakan motor/ojek hingga kawasan menara pemancar yang berjarak sekitar 10 Km. Di kawasan itu ada banyak menara pemancar. Diantaranya pemancar TPI, Indosiar dan TVRI. Pendaki harus melewati jalan berbatu yang rusak dan terjal hingga sampai di kawasan pemancar.

B. Informasi
1. Basecamp
Di jalur ini tidak ada basecamp. Para pendaki dapat menitipkan motor di kantor menara pemancar. Biasanya para pendaki menitipkan motor di menara TVRI atau indosiar
2. Registrasi
5 ribu / orang
3. Waktu Tempuh
5 – 6  jam perjalanan 
4. Mata air
Tidak ada mata air sepanjang perjalanan ke puncak. Mata air terakhir terdapat di kawasan pemancar

C. Pendakian
Pemancar – Puncak cikuray
Jalur Pendakian Gunung Cikuray
Pertama tama pendaki akan melewati kawasan perkebunan teh sekitar 15 menit. Setelah itu pendaki akan melewati jalur yang membentang di tengah perkebunan penduduk. Jika pendaki telah melewati sebuah pos di kiri jalan berarti pendaki salah jalan. Karena harusnya beberapa meter sebelum sampai di pos pendaki harus mengikuti jalan ke kanan yang menanjak ke sebuah punggungan bukit. 

Puncak Gunung Cikuray
Setelah itu jalur akan membentang di tengah hutan gunung cikuray. Sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan pendaki akan sampai di pos 5. Di sini terdapat tanah datar yang cukup luas yang bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda. Untuk sampai di puncak pendaki memerlukan waktu sekitar 60 – 90 menit perjalanan. Di puncak cikuray pendaki akan menemukan sebuah pos kecil yang dapat digunakan pendaki untuk bermalam 

Puncak Cikuray
Di tulis oleh : Adriyano louizzao

SALAM LESTARI

0 komentar:

Posting Komentar