"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

3 Gunung dengan sampah terbanyak di indonesia


Sudah terlalu banyak artikel tentang gunung paling indah dan artikel yang membahas tentang keindahan gunung gunung di indonesia. Kini saatnya kita melihat gunung dari sudut pandang yang agak berbeda. Tulisan ini dibuat supaya kita lebih "Melek" ketika mendaki gunung

Banyak para pendaki gunung yang mengaku sebagai pecinta alam. Tapi anehnya gunung gunung di indonesia tidak pernah terbebas dari masalah sampah. Masalah ini sering menimpa gunung gunung populer di indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang terus membludak jumlah sampah yang dihadirkan pun juga semakin banyak.  Kadang kita pernah berfikir bahwa seandainya tidak pernah ada orang yang mendaki gunung maka tidak akan pernah ada sampah di gunung.

Tidak semua pendaki gunung adalah seorang pecinta alam. Banyak diantaranya mereka yang belum mempunyai kesadaran tentang menjaga kebersihan lingkungan. Terkadang mereka yang mengecap dirinya sebagi pecinta alam sampai kehilangan cara untuk menumbuhkan kesadaran para pendaki gunung. Beberapa cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah sampah di gunung. Tapi hingga saat ini masalah sampah di gunung menjadi masalah klasik yang belum bisa diatasi. Berikut adalah daftar gunung paling kotor di indonesia :

1. Semeru
Gunung semeru adalah gunung paling populer di indonesia. Pengunjung gunung ini terus bertambah setiap waktu. Dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak maka tidak heran jika terdapat banyak sekali sampah di gunung ini. Pengurus sebenarnya telah membuat peraturan untuk mengecek daftar logistik setiap tim pendakian sebelum berangkat dan memeriksanya kembali setelah turun. Tapi tampaknya aturan tersebut tidak pernah mampu mengatasi masalah sampah di gunung.

Ranu Kumbolo
Pos pendakian yang sangat banyak terdapat sampah adalah Pos Ranukumbolo dan Kalimati. Jumlah sampah yang berada di sana sangat mustahil untuk dibersihkan oleh beberapa orang saja. Butuh banyak orang untuk membersihkan sampah dengan jumlah yang luar biasa tersebut. Di sana terdapat tumpukan sampah yang sangat banyak. Tumpukan sampah tersebut malah dikira oleh para pendaki sebagai tempat sampah. Akibatnya mereka malah membuang sampah di tumpukan sampah tersebut dan menambah banyak sampah yang berada di gunung.

2. Rinjani
Dengan statusnya sebagi gunung tertinggi nomor 3 di indonesia, gunung rinjani adalah yang terpopuler ke-2 setelah gunung semeru. Keindahan alam rinjani yang luar biasa mampu menarik para pendaki untuk mencumbui puncaknya. Gunung rinjani sering menjadi target pendakian turis asing dari berbagai negara seperti amerika, inggris, perancis, cina dan jepang.

Segara Anak
Sampah di gunung rinjani juga tidak kalah banyak. Kebiasaan turis asing untuk menggunakan tissue toilet ketika BAB menyebabkan banyak tissue yang berceceran dimana mana. Segara anak sebagai tempat paling indah di gunung rinjani menjadi sangat kotor dan mengenaskan. Belum lagi di sekitar segara anak tercium bau yang tidak sedap yang berasal dari ikan ikan yang mati. Ikan tersebut biasanya di pancing oleh para pendaki. Tapi berhubung ikan tersebut masih kecil maka dibiarkan begitu saja tergeletak. Ikan ikan yang mati tersebut mengakibatkan bau busuk yang sangat mengganggu.

3. Gede Pangrango
Gunung gede pangrango adalah gunung dengan jumlah pendaki paling banyak di indonesia. Hal ini dikarenakan letaknya yang cukup dekat dengan ibukota jakarta yang mempunyai jumlah penduduk sangat padat. Karena terlalu banyak jumlah pendaki pihak TNGGP sampai harus membatasinya dengan kouta. Pendaki juga harus melakukan proses booking online sebelum mendaki gunung gede pangrango.

Mandalawangi
Sampah di gunung ini juga sangat banyak, terutama jalur pendakian cibodas. Pos yang paling kotor adalah pos kandang badak yang terdapat di pertigaan antara jalur menuju puncak gede dan pangrango. Sampah yang terdapat disini sangat beraneka ragam, bukan hanya sebatas bungkus plastik dan bungkus makanan. Kadang kita akan menemukan sepatu, kaos kaki, topi, baju dan benda benda lain. Mungkin karena banyaknya pendaki kaya yang berasal dari ibukota yang mendaki gunung ini. Mereka merasa barang barang tersebut terlalu murah dan tidak berharga. Mereka bisa membelinya kembali dengan mudah setelah turun dari gunung.

Bagaimanapun membuang sampah di gunung adalah sebuah perbuatan yang diharamkan.

Jangan datang ke gunung dengan membawa sampah !

SALAM LESTARI

3 komentar:

Mohammad Lutfi Hidayat mengatakan...

Setuju bang!
Kalau ke gunung malah bikin kotor, mending nggak usah jadi pendaki

Nice article.
:)

Popi mengatakan...

setiap pendaki yang turun sepertinya perlu digeledah di pos..apakah mereka masing2 membawa kantong sampah atau tidak? jika tidak membawa, berati mereka sudah membuang sampah di atas gunung. Denda!!

fbindonesiacerita mengatakan...

Sampah memang menjadi masalah yang cukup pelik di negeri kita ini. Bayangkan saja, di objek wisata semisal Pelabuhan Ratu saja sudah dipenuhi sampah. Seperti yang terungkap di sajian berita http://bit.ly/1ju4NCa . Dikutip dari sumber berita tersebut, Seketaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaeni mengaku bahwa sampah tersebut berasal dari sungai2 kecil yang ada di sekitar pantai dan limbah dari masyarakat serta restauran yg ada di bibir pantai. Tentu perlu penanganan segera, saya rasa yang diperlukan adalah kedisiplin dan kebersamaan.

Posting Komentar