"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Selamatkan kami para penulis !

Malam ini darahku mendidih karena ada yang mencuri tulisanku. Banyak artikel Catatan Pendaki Gunung yang di copas tanpa ijin. Pelakunya beragam, mulai dari WEB kecil dengan Alexa Rank Gendut hingga WEB besar dengan Elexa Rank yang sangat ramping. Tujuan seseorang dalam membuat WEB memang bermacam macam. Tapi hendaknya tujuan tersebut tidak merugikan dan menenggelamkan orang lain.

Ada WEB yang menyajikan artikel hanya untuk mencari pengunjung sebanyak banyaknya. Dengan banyaknya jumlah pengunjung maka WEB tersebut akan mendapatkan untung dari jumlah iklan yang semakin bertambah di dalamnya. WEB tersebut tidak peduli artikel siapa yang hendak disajikan. Copas merupakan makanan sehari hari WEB yang tidak pernah menulis dengan hati.

Di sisi lain ada WEB yang menyajikan artikel yang seluruhnya original. Pemilik WEB biasanya adalah seorang penulis sejati. Kegemaranya untuk menulis diekspresikanya melalui Blogger, Wordpress atau jenis WEB yang lain. WEB macam ini sering kita temui pada Blog Pribadi seseorang. Pemilik blogger seperti ini biasanya adalah seorang traveller yang bercerita tentang perjalanan yang telah dilaluinya. Bisa juga milik seorang mahasiswa yang bercerita tentang kehidupan sehari harinya. Bisa juga milik seseorang yang memang mempunyai bakat dan hobi dalam menulis apapun.

Para penulis memang butuh ruang untuk berkarya. Banyak penulis novel dan buku yang memulai langkahnya dari sebuah Blogger. Tapi hal itu malah dimanfaatkan pihak pihak tertentu untuk meng copas tulisan tulisan tersebut. Seorang penulis membutuhkan waktu ber jam jam untuk membuat sebuah tulisan yang bagus. Tapi mereka (para pengcopas) hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk meng copy tulisan tersebut dan menyajikan di WEB nya.

Bayangkan bro ?
Anda sudah menulis selama ber jam jam untuk membuat sebuah artikel yang bagus. Tapi artikel anda di copy tanpa ijin oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya dengan waktu beberapa menit. Jika dibuka di Google, WEB milik sang copaser muncul di urutan paling atas. Sedangkan WEB kita dengan tulisan yang original malah tenggelam entah jauh dimana. Banyak yang memuji sang Copaser karena tulisanya bagus. Padahal tulisan tersebut sebenarnya adalah milik kita. Sang copaser hanya tertawa sambil menikmati kesuksesanya, persetan dengan penulis aslinya. Sebagai penulis aslinya tentu saja sangat kecewa dengan kejadian tersebut. Rasanya tidak ada lagi tinta untuk menulis, rasanya enggan untuk kembali merangkai kata. 

Bukan kami tak mau berbagi ilmu. Tapi coba pikirkan dengan logika !

Bukankah cukup dengan menuliskan link menuju ke blog kami, maka pembaca akan sampai di blog kami dengan link tersebut. Kan tidak perlu meng copas artikel tersebut di blog anda ?. Jika anda tidak mau, setidaknya bisa menghubungi sang penulis untuk meminta ijin. Di setiap WEB pasti ada kontak penulis yang bisa dihubungi. Para copaser adalah pembunuh karakter paling kejam. Mereka memang tidak mempunyai harga diri dan jati diri.

Mereka menutup ruang kami untuk berkarya
Mereka mencuri kertas kami untuk menulis
Karya kami dicuri, karya kami dirampas

Ambisi kami untuk menulis mulai pudar
Tidak ada lagi inspirasi untuk menulis
Yang ada hanya kekecewaan
Yang ada hanya keputusasaan

Kami mulai kehabisan tinta
Kami mulai kehabisan semangat

Anda pernah membaca sebuah tulisan yang sangat indah ?
Anda pernah membaca sebuah tulisan yang menginspirasi ?
Anda pernah membaca sebuah tulisan yang memotivasi ?

Jika anda ingin terus membacanya, maka selamatkan para penulisnya
Sesungghnya tulisan mereka memberi banyak manfaat bagi orang lain

Jangan biarkan para copaser menenggelamkan kami
Tanpa penulis, tidak ada lagi untaian kata yang indah
Tidak ada lagi cerita yang menginspirasi
Tidak ada lagi kisah yang memotivasi

Kami hanya ingin menulis
Kami hanya ingin berkarya
Jangan ganggu kami
Jangan usik kami
Selamatkan kami teman !

SALAM LESTARI


4 komentar:

Rifqy Faiza Rahman mengatakan...

Ini ironi mas bro, suatu saat dunia tahu siapa yang lebih jujur, tetap berjuang dan keep writing! :)

Adriyano Louizzao mengatakan...

Dont stop komandan !!!

zulfadly abuhasmy mengatakan...

tulisan ini sangat menggambarkan isi hati writer sejati, menulis dari kisah ataupun fakta yang didapatkan dilapangan.. saya juga seorang onliner atau lebih tepatnya pencari uang di google dan tau seo sedikit-sedikit hehehe
hobby traking adventure..
jujur blog ini sangat bermanfaat bagi saya, saya berharap penulisnya tetap konsisten, tidak tertanggu oleh copaser alias tukang copy n paste, tetap menulis ala kadarnya dan tetap berkarya..
goodluck brader,,

Adriyano Louizzao mengatakan...

@Zulfadly abuhasmy
Siap komandan !
Akan menulis hingga tinta terakhir
SALAM LESTARI

Posting Komentar