"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Waspada ! Ada maling di Gunung Sindoro


Akhir akhir ini dunia pendakian dikejutkan dengan adanya maling yang berkeliaran di gunung. Pada era sekarang kejahatan begitu merajarela hingga mengusik ketenangan para pendaki gunung. Jumlah pendaki gunung yang terus bertambah menjadikan gunung begitu ramai. Dengan begitu kesempatan untuk mencuri barang barang pendakian bertambah besar karena mendaki gunung pasti memerlukan perlengkapan. 

Perlengkapan mendaki gunung bukanlah barang yang bisa dibeli dengan harga murah. Tenda untuk 4-5 orang yang bagus mempunyai kisaran harga dari 600 ribu hingga 1,5 juta bahkan ada yang lebih dari 2 juta jika bisa menampung banyak orang sekaligus. Tas karier dengan merk merk ternama mempunyai harga 500 ribu hingga 2 juta untuk ukuran standar pendakian. Barang barang dengan harga seperti itu tentu saja sangat menggiurkan untuk dicuri.

Gunung mana yang sangat rawan pencurian ?
Berdasarkan info dari para pendaki, gunung yang paling sering terjadi pencurian adalah gunung Sindoro

Dimana biasanya para pendaki kehilangan barang ?
Sindoro : Yang paling rawan pencurian adalah di pos 3 jalur Kledung. Terkadang juga terjadi di pos lainya seperti pos 2

Bagaiman barang tersebut bisa hilang ?
Biasanya pendaki mendirikan tenda di pos 2 atau 3 ketika malam hari. Setelah pagi menjelang mereka pergi ke puncak dan membiarkan tenda mereka tetap berdiri di pos tersebut. Bahkan tidak jarang mereka juga meninggalkan barang barang lain di dalam tenda. Barang tersebut kemudian diambil oleh sekelompok oknum dengan mudahnya.

Siapa yang mencuri barang barang tersebut ?
Ehm, Gini broo
Misal saya mau mencuri barang di suatu gunung dan rumah saya berada di Semarang. Kira kira apakah masuk akal jika saya pergi ke gunung yang letaknya jauh dari semarang hanya untuk mencuri barang ?, tentu saja tidak. Saya akan mencuri barang barang pendaki di gunung gunung yang berada di dekat tempat saya.

Atau misalnya saya sedang mendaki gunung. Kemudian tergiur untuk mencuri barang barang tersebut. Sebagai pendaki gunung saya sudah membawa barang barang pendakian seperti tas karier dll. Bagaimana cara saya membawa barang barang tersebut ?. Berapa puluh kilo total beban yang akan saya bawa ?. Saya rasa pencurinya pasti bukan seorang pendaki. Atau mungkin mereka mendaki menggunakan ransel ransel kosong siap isi.

Misal saya ingin mencuri barang pendakian di sebuah pos. Pastinya saya harus sering naik turun ke tempat tersebut untuk mengetahui seluk beluk tempat ini. Darimana saya harus mengawasi pos tersebut, dimana saya akan menyimpan barang tersebut, jika terpaksa saya akan turun menggunakan jalur khusus. Misal gunungnya dekat rumah kan enak, bisa naik turun gunung setiap hari   (^0^)

Sudahlah gak usah dilanjutkan, nanti malah dikira saya pelakunya
Eh sory, maksud saya nanti malah menyinggung pihak pihak tertentu

Bagaimana cara mengatasinya ?
Solusinya adalah dengan menggunakan teknik menimbun barang, apa itu ?
Baca postingan saya yang ini "Teknik Menimbun Barang"

Waspada juga dengan jalur pendakian gunung arjuna welirang via Tretes, tepatnya di kawasan Pondokan !

Mari bersama sama berdoa agar mereka yang mencuri barang barang tersebut diampuni dosa dosanya,
Kasihan si pencuri, anak dan istri mereka (jika punya) makan duit haram setiap hari
Darah yang mengalir dalam daging mereka adalah darah haram hasil kejahatan
Semoga cepat bertaubat
Semoga diampuni

Jika ada info lain tentang kasus pencurian di gunung, segera komen gan !
Agar rekan rekan pendaki bisa terselamatkan

SALAM LESTARI



10 komentar:

junedz mengatakan...

jadi hilangnya ditinggal waktu ke puncak...jangan sampai kedepanya lebih parah lagi menghadang pendaki2 yang hanya dua tiga orang terus dirampas dengan paksa barangnya...betul kalau pendaki2 dari jauh ga mungkin mereka kesana buat mencuri...menurut saya bisa jadi oknum2 yang dekat2 lereng situ aja pelakunya...mungkin paling aman meskipun berat menuju puncak barang2 tetep dibawa...

Adriyano Louizzao mengatakan...

Preman Gunung kalo itu namanya gan,
Atau kalo terlalu berat kita bisa menyembunyikanya agar tidak dicuri saat di tinggal, :D

junedz mengatakan...

pernah terjadi di bro di jalur lawang gunung arjuna bebrapa tahun lalu..perampasan barang

Richard Chaniago mengatakan...

ane salah satu korban pencurian di gunung sindoro
tas carrier 4 hilang deuter,avtech,rei,dan eiger ,
semua peralatan hilang yang sisa hanya tenda lafuma
sekedar info untuk para pendaki pendaki gunung harap blacklist gunung sindoro ini terima kasih

Diah Zone mengatakan...

itu kasus jg dialami adek" angkatanku, tepatnya Mei 2013 kemaren,,, barang" dan uang ludes

Adriyano Louizzao mengatakan...

@Richar Chaniago
Terimakasih atas infonya gan

Mohammad firdaus mengatakan...

kalo mau rada aman coba deh bang pake pengaman kayak exomesh dari pacsafe jadi carrier atau tenda bisa di beresin terus di sangkutin di pohon.

Unknown mengatakan...

Rencana mau muncak sindoro, jadi lebih waspada.. thanks infonya bro

Feri Budi mengatakan...

Rencana mau muncak sindoro, jadi lebih waspada.. thanks infonya bro

bimo aryo wibowo mengatakan...

Gan info dong ane mau naik ke slamet via bambangan nih, kabar kabarnya sih di slamet banyak maling juga. Buat agan agan senior pendaki mohon masukannya dong untuk dijadikan pertimbangan, makasih

Posting Komentar