"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Prinsip hidup itu seperti pohon


Dalam hidup ini setiap manusia pasti mempunyai nilai nilai yang harus ditaati. Nilai nilai tersebut lah yang menuntun bagaimana kita akan hidup. Menurutku nilai paling mendasar yang harus dipatuhi oleh setiap manusia adalah agama. Sedangkan nilai kedua adalah yang harus dipatuhi oleh setiap manusia adalah Negara. Setiap manusia pasti hidup di sebuah negara. Bagaimanapun juga kita harus mempunyai rasa cinta pada negara dimana kita lahir.

Setiap orang memiliki pandangan sendiri tentang nilai nilai yang harus mereka patuhi. Bagi orang komunis maka mereka tidak hidup menggunakan nilai agama. Sedangkan bagi mereka para teroris mungkin mereka tidak hidup menggunakan nilai Negara. Untuk nilai yang harus dipatuhi setelah itu setiap orang pasti berbeda antara satu sama lain.

Aku menjadikan prinsip hidup sebagai nilai yang harus dipatuhi dalam daftar berikutnya. Bagaimanapun setiap manusia harus mempunyai prinsip hidup. Tanpa prinsip seorang manusia hanya akan tampak seperti layangan yang tidak mempunyai benang.

Apa prinsip hidupmu ?

Prindip hidup manusia berbeda beda. Tapi pada dasarnya hanya ada 2 jenis manusia berdasarkan prinsip hidupnya. Yaitu mereka yang mematuhi prinsip hidupnya dengan tegas atau mereka yang sering berganti ganti prinsip karena keadaan.

Aku termasuk jenis orang yang selalu mematuhi prinsip hidup yang telah kuputuskan. Orang orang sepertiku sangat sulit merubah pendapat dari A menjadi B. Orang orang seperti ini juga sangat sulit dipengaruhi oleh orang lain. Prinsip hidup yang telah kita pilih menjadi sebuah janji yang harus selalu kita tepati.

Dahulu  kala aku telah menetapkan beberapa prinsip hidup yang harus dipatuhi. Kemudian waktu terus berlalu dan memberiku semakin banyak pengetahuan. Pembelajaran yang waktu berikan menjadikanku sosok yang lebih baik daripada sebelumnya. Ketika aku telah menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya aku mulai menyadari bahwa perinsip hidup yang kutetapkan beberapa waktu yang lalu adalah sebuah kesalahan. 

Aku merasa tidak ada yang salah jika kita mengganti prinsip hidup yang telah kita tetapkan. Bagaimanapun setiap manusia terus belajar dari waktu ke waktu. Dalam proses pembelajaran tersebut kita akan selalu menemukan hal hal yang baru, kita akan menemukan banyak hal yang membuat kita semakin bijak. Kini aku menemukan prinsip hidup baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Jika aku bertahan pada prinsip prinsip hidupku yang lama. Itu sama saja aku tidak mempunyai kemauan untuk menerima perubahan yang menjadikan kita lebih baik. Kini aku berfikir lebih terbuka untuk menerima pengetahuan baru. Aku memperbaharui prinsip hidupku menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Contohnya jika dulu kita mempunyai prinsip hidup
"Untuk sampai di sebuah pulau kita harus berenang"

Seiring berjalanya waktu pengetahuan menghadirkan kapal dan pesawat canggih ke muka bumi. Akankah kita bertahan pada prinsip hidup kita yang lama bahwa "Untuk sampai di sebuah pulau kita harus berenang"

Atau berganti dengan "Untuk sampai ke sebuah pulau kita bisa naik kapal"

Atau "Untuk sampai di sebuah pulau kita bisa naik pesawat"

Coba pikirkan !

Jika kita masih bertahan dengan prinsip hidup yang lama maka kita akan jauh tertinggal daripada manusia manusia lain.

Ada kalanya prinsip hidup itu harus dirubah bro !

Prinsip hidup itu bukan harga mati 
Prinsip hidup itu seperti pohon yang tumbuh,
Semakin lama semakin besar, semakin berbuah dan semakin matang

Dulu aku mempunyai prinsip untuk selalu bisa sampai ke puncak pada setiap gunung yang kudaki. Kemudian alam memberitahuku bahwa ada banyak hal yang lebih berharga daripada puncak.

Kini aku bisa mengerti kapan kita harus sampai di puncak dan kapan kita tidak harus ke puncak

"Hidup ini adalah perjalanan untuk menjadi sosok yang lebih bijak"

Kesimpulanya : Berganti prinsip hidup itu tidak masalah asal menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya, tapi tetap ada beberapa prinsip yang tidak boleh tergantikan seumur hidup


SALAM LESTARI

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat memotivasi :)

Adriyano Louizzao mengatakan...

Terimakasih gan, Semoga bermanfaat, :D

Posting Komentar