"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Kepemimpinan : Leader VS Manager

Ada perbedaan yang sangat mendasar antara Leader dan Manager. Tapi tidak banyak orang bisa membedakanya, bahkan kebanyakan orang cenderung menganggapnya sama. Perbedaan antara keduanya akan membantu kita memahami jiwa kepemimpinan yang sedang kita pelajari. Jangan sampai kita mendapatkan definisi kepemimpinan yang ambigu.

Leader
Leader atau pemimpin adalah orang yang mempunyai pemikiran berani, optimis, pantang menyerah dan tegas. Leader mempunyai daya tarik yang membuat orang orang bersedia mendukung pemikiranya. Leader tidak butuh jabatan untuk mempengaruhi banyak orang. Dia memiliki kharisma tersendiri untuk membuat orang percaya pada pemikiranya. Bahkan tidak jarang mereka mampu membuat pendukungnya menjadi pengikut yang sangat loyal.

Leader mampu memberikan inspirasi kepada orang lain. Inspirasi yang membuatnya bekerja baru berbicara, bukan berbicara baru bekerja. Dia mampu membuat orang orang segan. Dia mampu membuat orang begitu takut untuk membuatnya kecewa. Dia mampu memberikan alasan kenapa seseorang harus mendukung pemikiranya. Dia mampu membakar semangat ketika pendukungnya sudah mulai tumbang, meyakinkan bahwa semua akan terselesaikan dengan baik. 

Manager
Manager adalah orang yang selalu menyelesaikan sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya. Dia terbiasa membuat rencana yang kompleks sebelum melakukan sesuatu. Dia tahu berapa jumlah orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah projek. Dia mampu membagi seluruh personil sesuai dengan peran dan kemampuan masing masing. Dia mampu memberikan solusi atas segala permasalahan yang ada.

Manager identik dengan sifat tepat, cepat, sistematis, terstruktur dan rapi. Dia membuat orang orang percaya dengan kualitas yang dia miliki. Manager biasanya pintar dalam membuat inovasi dan lebih dinamis dalam berfikir. Apa yang direncanakanya jarang meleset, pun jika meleset dia sudah siap dengan rencana cadangan yang dipersiapkan sebelumnya.

Masih belum ketemu perbedaan mendasar antara Leader dan Manager ?

Saya berikan perbedaan dengan sebuah contoh, 

Contoh ketika seorang Manager memimpin forum,

Selamat pagi,
Hari ini kita berkumpul untuk merencanakan sebuah kegiatan. Pembagian peran dan tugas dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan ini. Setidaknya kita membutuhkan pelaksana kegiatan yang bertugas menjadi koordinator kegiatan ini, Sekretaris yang akan mengurusi semua persoalan administrasi dan bendahara yang akan mengurus persoalan dana. Jika memungkinkan nanti kita akan membentuk seksi humas untuk mempublikasikan kegiatan ini secara lebih terstruktur.

Diharapkan kita mampu berkerja sesuai dengan rencana yang telah kita buat. Jika nanti terdapat masalah maka saya akan langsung membentuk sebuah forum untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Untuk Sekeretaris sebaiknya segera bergerak karena biasanya proses administrasi selalu dilakukan di awal. Sementara itu Bendahara harap segera membuat rencana anggaran untuk kegiatan ini. Mungkin itu dulu arahan dari saya, sekian dan terimakasih

Contoh ketika seorang Leader memimpin forum,

Selamat pagi, 
Mungkin ini kegiatan yang pertama bagi kita, tapi saya yakin kita mampu untuk menyelesaikanya. Kita punya banyak orang orang hebat, kita hanya harus percaya pada kemampuan yang kita miliki. Tidak sembarangan orang bisa berada disini, teman teman adalah yang terbaik dari kebanyakan orang yang ada di luar sana. Ini bukan mimpi yang terlalu tinggi, ini sebuah target nyata yang ada di depan kita. Mari kita sama sama bekerja, mari kita bekerja sama sama.

Saya berharap kepanitiaan yang telah dibentuk mampu berkerja dengan baik. Kita harus ingat bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk kepentingan saya atau anda. Kita harus yakin bahwa apa yang kita kerjakan akan bermanfaat bagi orang lain. Kita harus berfikir lebih keras, berkeringat lebih deras. Suatu saat kita akan bangga pada apa yang telah kita kerjakan, tersenyum menatap kebanggaan yang mampu kita bawa pulang. Mungkin sekian arahan dari saya, selamat berjuang !

Masih belum ketemu perbedaan mendasar antara Leader dan Manager ?
Manager adalah orang yang memberitahu anda cara untuk menyelesaikan sesuatu, sedangkan leader adalah orang yang memberi anda alasan kenapa anda harus menyelesaikanya - Catatan Pendaki Gunung
Intinya Leader dan Manager adalah sebuah sifat yang berebeda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam sebuah organisasi sangat ideal apabila ketuanya adalah seorang leader dan wakilnya adalah seorang manager, karena sangat jarang orang yang mempunyai 2 karakter tersebut dalam satu raga.

Ditulis oleh : Andriyana L, ST  (Admin Komunitas Pendaki Gunung, Pendiri Sherpa Geodesi UNDIP, anggota SWAPALA KALIJAGA, Surveyor Pemetaan Badan Informasi Geospasial)

Salam Lestari,   

0 komentar:

Posting Komentar