"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

5 Sabana Terindah Di Pulau Jawa

Salah satu daya tarik untuk mendaki gunung adalah adanya pemandangan yang indah di atas sana. Pemandangan tersebut dapat berasal dari sebuah Danau, sebuah puncak, Hutan Belantara, Hutan Lumut, Sungai, Sabana dll. Pada tulisan kali ini saya akan mencoba berbagai keindahan tentang beberapa sabana yang ada di atas gunung

Alun alun Suryakencana adalah salah satu sabana terbaik di pulau jawa. Untuk mencapai tempat ini para pendaki bisa melewati jalur pendakian Cibodas ataupun gunung Putri.

Di tempat ini juga terdapat aliran sungai sehingga menjadikan sabana ini sangat cocok untuk bermalam. Hamparan Edelweis juga akan memanjakan mata para pendaki yang berkunjung ke tempat ini. Dari sabana ini butuh waktu sekitar 45-60 menit untuk menuju ke puncak Gede

Jika mendaki gunung arjuna dari jalur Lawang maka para pendaki akan melewati sebuah sabana yang cukup indah. Di pos 2 jalur pendakian Lawang ada pertigaan yang keduanya sama sama menuju ke pos 3.

Jika para pendaki memilih jalan ke kanan maka pendaki akan lebih cepat sampai di pos 3 dengan jalan yang lebih menanjak dan membentang di atas punggungan bukit. Jika pendaki memilih jalan ke kiri maka pendaki akan melewati jalanan yang lebih landai di tengah padang sabana.


3. Gunung Sumbing
Untuk mendaki gunung sumbing terdapat banyak jalur yang bisa di lalui. Jalur yang paling populer untuk mendaki gunung ini adalah jalur Garung. Namun jika anda ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda anda bisa mencoba jalur pendakian Cepit. Jalur ini terletak di desa cepit yang mana adalah jalur utara untuk menuju puncak Sumbing dan masih termasuk kawasan Temanggung. Setelah melewati pos 3  mata anda akan dimanjakan dengan hamparan sabana yang luar biasa indahnya. Jalur ini bisa di pastikan lebih indah dari pada jalur garung

Semeru adalah gunung paling indah di pulau jawa sehingga wajar saja jika semeru menyumbangkan salah satu tempat terindahnya untuk tulisan ini. Sabana oro oro ombo tentunya sudah sangat tenar di telinga para pendaki.

Untuk menuju puncak merbabu anda bisa melewati jalur Chuntel, Wekas, Thekalan, Selo dll. Jalur terpanjang menuju puncak Merbabu adalah jalur thekelan. Sedangkan jalur terindah menuju puncak Merbabu adalah jalur Selo.

Gunung Merbabu jalur Selo akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pendaki yang melewatinya. Gunung merapi di seberang langit akan turut memberikan pemandangan bagi anda yang suka dengan keindahan. Dan menurut saya ini adalah sabana terbaik di pulau jawa


Sekian tulisan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Semoga hijaunya sabana bisa menginspirasi kita untuk lebih menghijaukan bumi.