"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Download Data ASTER GDEM

Sudah baca postingan saya yg ini ?
"Membuat peta kontur dengan data SRTM"

Lalu mana yang lebih bagus, SRTM atau ASTER GDEM ?

ASTER GDEM (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer Global Digital Elevation Model) merupakan data ketinggian wilayah yang biasa disebut Data Elevation Model (DEM) dan merupakan data raster hasil dari perekaman satelit ASTER. Resolusi horisontalnya lumayan tajam yakni 30 meter sehingga membuatnya lebih banyak digunakan ketimbang data SRTM yang memiliki resolusi lebih kecil yakni 90 Meter. Saat ini, data ASTER GDEM ini telah disediakan secara gratis untuk didownload dan wilayahnya mencakup seluruh muka bumi.

Software yang digunakan untuk membuat peta kontur biasanya adalah software berbayar seperti ArcGIS ataupun Global Mapper. Tapi setelah sekian lama belajar akhirnya saya menemukan software yang bisa digunakan untuk membuat peta kontur secara gratis, yaitu QuantumGIS.

Silahkan download QuantumGIS disini . Kemudian instal sesuai petunjuknya.

Silakan download data ASTER GDEM disini

Sebelum mendownload anda harus Register terlebih dahulu. Ikuti saja petunjuknya, registrasinya mudah dan tidak membutuhkan biaya. Gunakan tool define retangle area membuat batas daerah mana yang akan di download. Pada gambar tersebut saya akan mendownload data daerah gunung Lawu. Setelah itu klik tombol yang saya lingkari. Maka anda akan sampai pada halaman seperti di bawah ini. Klik saja Submit
Kemudian anda akan sampai pada halaman berikut. Klik saya tulisan download. Ukuran file yg saya download kecil, hanya 3 Mb. File yg anda download dalam format Zip sehingga harus di extrak.
Setelah itu buka aplikasi QuantumGIS. Cara pengolahanya sama dengan mengolah data SRTM. Yang belum mengerti bisa baca tulisan saya sebelumnya. Atau mungkin anda bisa mengolahnya dengan menggunakan Global Mapper

"Membuat Peta Kontur Dengan Global Mapper"

"Membuat peta kontur dengan data SRTM"


Semoga Bermanfaat
SALAM LESTARI

Di tulis oleh : Adriyano Louizzao