"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Pesan Bagi Pendaki

Pada era sekarang jumlah pendaki gunung sangatlah banyak. Mereka berlomba lomba mendaki puncak gunung tertinggi. Mengibarkan bendera identitas di ujung kebanggan. Mereka berkelana dari satu puncak ke puncak lainya hingga tidak ada  puncak yang terlewat. Terkadang mereka mendaki terlalu sering, mungkin hingga puluhan atau bahkan ratusan.

Terkadang beberapa pendaki memang butuh apresiasi dari lingkungan. Meraka butuh identitas sebagai pendaki senior yang telah menjelajah semua puncak di indonesia atau sebagai pendaki yang mampu menembus rekor pendakian tercepat. Mereka memang hebat dan kita harus menghargainya.

Mendaki gunung adalah salah satu dari sekian banyak hobi. Dan hobi akan memberi kepuasan bagi para pelakunya. Tapi terkadang kita terlalu egois untuk memikirkan diri kita sendiri tanpa pernah memikirkan dunia tempat kita hidup. Mendaki gunung akan membentuk karakter yang kuat, karakter yang mampu menciptakan sejarah dan perubahan. Mendaki gunung menjadikan kita lebih dari pada orang biasa. 

Jika kita sudah mendaki semua puncak atau mampu mendaki dengan sangat cepat, apakah hal itu mampu merubah sesuatu di dunia ? .Jika memang mampu merubah sesuatu di dunia maka yang berubah adalah diri kita sendiri. Kita yang semakin kuat, kita yang semakin hebat dan kita yang semakin dihormati. Alangkah baiknya jika kita yang hebat ini mampu menciptakan sejarah dan perubahan. Saya sangat salut pada mereka yang :
  • Menulis buku tentang panduan mendaki gunung
  • Menulis buku tentang petunjuk pendakian gunung
  • Menulis novel tentang mendaki gunung
  • Membuat film tentang pendakian gunung
  • Mengadakan penghijauan bumi
  • Mengadakan penanaman mangrove
  • Mendirikan organisasi pecinta alam
  • Membuat peta pendakian gunung
  • dll
Mereka adalah para manusia yang bermanfaat bagi dunia. Mereka adalah manusia yang akan menginspirasi para generasi muda. Mereka akan membuat perubahan di dunia.

Sobat !

Seberapa tinggi gunung yang telah kita daki
Seberapa banyak kita mendaki
Atau seberapa cepat kita mendaki

Itu tidaklah penting !!!

Yang lebih penting adalah apa yang kita dapat ketika mendaki
Dan yang paling penting adalah bagaimana kita memanfaatkanya untuk kehidupan

Jika ada atau tidaknya kita tidak merubah apapun di dunia, kita telah gagal dalam hidup.

SALAM LESTARI