"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Makanan favorit pendaki gunung


Pada postingan sebelumnya Catatan pendaki gunung telah membahas tentang tips untuk memilih makanan pendakian. Dengan mempertimbangkan beberapa faktor tersebut para pendaki gunung telah memutuskan tentang makanan apa yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Berdasarkan pengalaman saya ketika mendaki gunung kali ini akan saya sajikan beberapa makanan favorit para pendaki gunung 

1. Mie Instan
Makanan paling Favorit para pendaki gunung adalah mie instan. Alasanya karena harganya murah, rasanya enak, variasi rasanya banyak, bobotnya ringan, bisa disimpan dalam waktu yang lama, proses memasaknya cepat dan mengenyangkan perut. Meskipun memiliki banyak nilai positif tapi mie instan juga memiliki nilai negatif yaitu tidak baik bagi kesehatan.

2. Sarden
Sebagai orang indonesia makanan pokok kita adalah nasi. Ada beberapa orang yang tidak pernah merasa kenyang sebelum makan nasi. Untuk kegiatan pendakian biasanya nasi dimakan dengan menggunakan sarden. Alasnya karena rasanya enak, variasi rasanya banyak, bisa disimpan dalam waktu yang lama dan proses memasaknya cepat.

3. Bubur Instan
Bubur instan juga sangat digemari oleh para pendaki.  Alasanya karena harganya murah, rasanya enak, variasi rasanya banyak, bobotnya ringan, bisa disimpan dalam waktu yang lama, proses memasaknya cepat dan mengenyangkan perut. Merk bubur instan paling tenar adalah super bubur.

4. Agar Agar
Agar agar adalah salah satu makanan yang mampu menahan lapar di perut. Salah satu sisi positifnya adalah wadah yang digunakan untuk memasak agar agar mudah di cuci sehingga bisa segera digunakan untuk memasak makanan yang lain. Inilah sisi positif yang tidak bisa ditandingi oleh makanan seperti sarden, yang harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasak makanan lain.

5. Kornet
Kornet juga cukup digemari di kalangan para pendaki gunung. Alasanya karena proses memasaknya cepat, rasanya enak dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Kita tidak boleh membawa kornet ketika mendaki gunung agung, kenapa ? , baca ini

6. Sosis
Salah satu keunggulan sosis adalah bisa dimakan bersama dengan jenis makanan lain. Sosis biasanya dimasak bersama dengan mie rebus atau dengan Sarden. Bahkan tanpa dimasak pun sosis tetap mempunyai rasa yang enak

7. Roti Tawar
Roti tawar biasanya dibakar dengan menggunakan keju, susu, coklat atau gula. Roti tawar juga bisa langsung dimakan tanpa dimasak. Roti adalah salah satu sumber tenaga sehingga sangat dianjurkan untuk selalu membawanya di gunung. Bagi beberapa pendaki menikmati roti bakar dengan susu, kopi atau teh adalah kenikmatan tersendiri ketika mendaki.

Beberapa makanan diatas mempunyai beberapa kesamaan yaitu mudah dimasak, proses memasaknya cepat, mudah dibawa dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Sekian tulisan saya tentang Makanan Favorit pendaki gunung, bila pembaca memiliki ide lain, di tunggu komentarnya

Salam Lestari

0 komentar:

Posting Komentar