"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Tips Memilih Makanan Untuk Mendaki Gunung


Makanan adalah salah satu bekal yang wajib di bawa ketika mendaki gunung. Makanan yang dibawa untuk mendaki gunung tentunya bukan makanan sembarangan. Kita juga harus mempertimbangkan faktor faktor lainya seperti :

1. Makanan yang membuat kenyang
Salah satu alasan kenapa kita harus makan adalah karena lapar. Oleh karena itu makanan yang harus di penuhi untuk kegiatan pendakian gunung adalah makanan yang bisa membuat kita kenyang. Kalau kita membawa kerupuk untuk naik gunung maka kita butuh 1 karung krupuk untuk membuat kita kenyang. Dan 1 karung kerupuk tersebut akan menghabiskan tempat dalam tas karier kita. Lebih efektif jika kita membawa seperti misalnya roti basah, ukuranya kecil, ringan, tidak mudah basi, tidak perlu dimasak dan mengenyangkan.

2. Makanan yang mengandung sumber tenaga
Makanan yang mengandung karbohidrat sangat dianjurkan untuk kegiatan mendaki gunung. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai pasokan utama energi bagi tubuh. Setiap gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebelum membeli makanan pertimbangkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa makanan dengan ukuran yang kecil dan bobot yang ringan tapi mempunyai kandungan kalori yang tinggi, contohnya coklat. Saya sangat menganjurkan untuk membawa makanan yang satu ini ketika mendaki gunung.

3. Makanan harus tidak mudah basi
Mendaki gunung bukanlah sebuah kegiatan yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat oleh karena itu kita memerlukan persediaan makanan yang tidak mudah basi. Pada era sekarang sangat banyak makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya Sarden, mie instan, super bubur

4. Makanan yang mudah diolah
Di gunung kita tidak membawa makanan yang sulit di olah contohnya sate kambing. Bayangkan jika kita harus memotong motong daging kambing di gunung. Untuk menghasilkan daging kambing yang empuk pun kita juga harus merebusnya selama ber jam jam. Belum lagi meracik bumbunya, menyiapkan tusuknya, menyiapkan arang dan kipas kemudian baru membakarnya. Sudah berapa banyak waktu dan tenaga yang sudah kita habiskan ?, padahal kita harus menggunakan waktu dan tenaga kita untuk melakukan pendakian ke puncak, sekalipun kita memiliki banyak waktu luang itu pun kita gunakan untuk istirahat.

5. Makanan yang cepat matang
Jika kita membawa makanan yang membutuhkan banyak waktu untuk memasaknya, selain akan menghabiskan banyak waktu kita juga akan menghabiskan banyak bahan bakar. Salah satu makanan yang membutuhkan banyak waktu untuk memasaknya adalah sayuran.

6. Makanan yang ringan
Agar tidak menambah beban pendakian disarankan untuk membawa makanan yang ringan. Bayangkan jika kita harus membawa singkong, Nangka atau mungkin durian. Mungkin rasanya enak, mengandung karbohidrat dan sumber tenaga serta mudah diolah. Tapi sudah berapa banyak tenaga kita yang dihabiskan untuk membawanya ke gunung ?

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas maka ada beberapa makanan yang selalu dibawa oleh para pendaki gunung yang sudah berpengalaman. Daftar makanan tersebut akan saya sajikan di lain waktu. Untuk sementara saya mau mengadakan survey terlebih dahulu di Komunitas Pendaki Gunung tentang daftar makanan apa saja yang biasa dibawa ketika mendaki gunung

Sekian tulisan saya kali ini semoga bermanfaat bagi rekan rekan pendaki

SALAM LESTARI

6 komentar:

zsoraya mengatakan...

bikin ketawa sendiri bacanya, kqkqkq. but nice info. useful banget min. thanks yaa :)

Adriyano Louizzao mengatakan...

Semoga bermanfaat gan, Makasih ya udah tersesat di blog ini,

Kokok Dharma mengatakan...

KEREn ceritanya...

kalo berminat koleksi
DVD PENDAKIAN GUNUNG / MOUNTAINEERING VIDEO

bisa kunjungi website kita disini :

- www.dvdlangka.com
- www.pendakigunung.com


salam.

Anisa Husaenah SMANDASU mengatakan...

Nanti tahun baru aku mau daki gunung nihh doain ya supaya slamat.. Untung yaahh trsesat d blog ini,jadi serba tau dehh

Aloisius Rabata Krisstiadi Dwiantoro mengatakan...

gokil gan......
padakke arep bukak warung sate kabing wae rek............

Gerardus Ezra mengatakan...

Bahasanya keren, Hahaha.

Posting Komentar