"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Mendaki Dengan Sandal Gunung atau Sepatu Tracking ?



Mendaki dengan sandal atau sepatu ?

Sandal dan sepatu adalah salah satu perlengkapan wajib pendakian. Pada dasarnya sandal dan sepatu mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai alas kaki. Peran alas kaki ketika melakukukan pendakian sangatlah penting. Ketika mendaki gunung kita akan dihadapkan dengan beberapa medan pendakian yang berat. Kita harus melewati hutan berduri, batuan batuan lancip, pasir pasir licin, medan berlumpur dll. Kita harus menggunakan alas kaki yang kuat untuk melewatinya.

Hanya ada 2 jenis alas kaki yang dianjurkan dalam kegiatan mendaki gunung. Yaitu menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung. Pada dasarnya mendaki menggunakan sepatu akan lebih aman karena sepatu bisa melindungi semua bagian kaki. Tapi jika mendaki menggunakan sepatu lebih aman mengapa produsen alat alat outdor masih saja mengeluarkan sandal gunung. Hal ini karena setiap item baik maupun sepatu gunung dan sandal gunung memiliki kekurangan kelebihan masing masing.

Kekurangan sepatu gunung biasanya terletak pada bobotnya yang berat. Selain bobotnya yang berat harganya juga lumayan berat jika dibandingkan dengan harga sandal gunung. Selain itu jika kita menggunakan sepatu untuk mendaki kita akan kesulitan saat bertemu dengan medan medan basah. Jika sepatu tersebut melewati medan basah seperti sungai dan lumpur maka beratnya akan bertambah beberapa kali lipat.

Sedangkan kekurangan pada sandal gunung adalah pada bentuknya yang tidak bisa menutupi semua bagian kaki. Terkadang kaki kita harus terkena duri duri tajam atau kerikil yang mampu menggores luka. Selain itu sandal tidak bisa melindungi kaki kita dari serangan pacet gunung. Yang harus diperhatikan ketika mendaki menggunakan sandal adalah pada kuku jari kaki. Usahakan memotong kuku kaki sebelum mendaki gunung karena banyak kejadian pendaki yang menggunakan sandal harus kehilangan kukunya karena tersandung sesuatu.

Kelebihan sepatu gunung adalah pada keamanan yang mampu dihadirkanya. Sepatu gunung juga bisa melindungi kaki pendaki dari serangan dingin. Kaki yang dingin biasanya akan mudah terserang kram. Secara keseluruhan lebih aman menggunakan sepatu gunung daripada sandal gunung.

Sedangkan kelebihan sandal gunung adalah pada bobotnya yang ringan. Walau terkena hujan atau lumpur pun bobotnya masih sangat ringan. Sandal gunung sangat cocok digunakan pada medan basah seperti lumpur dan sungai. Tapi menggunakan sandal atau sepatu, yang namanya medan basah tetaplah licin walau pada umunya produsen telah mendesain lapisan bawah sandal atau sepatu sekasar mungkin. Kelebihan lain dari sandal gunung adalah mudah dipakai dan dilepas. Hal ini akan menguntungkan ketika pendaki sering keluar masuk tenda. Selain itu kelebihan paling mendasar dari sandal gunung adalah harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan sepatu gunung.

Untuk urusan kualitas saya rasa semua produk tetap menyajikan kualitas terbaik yang mereka miliki. Kita harus pintar pintar memilih produk yang akan kita beli. Produk produk indonesia juga sudah bisa memberikan kualitas yang baik sehingga jangan pernah ragu memakai produk produk buatan dalam negeri. Jangan khawatir jika kita membeli sandal gunung. Setidaknya sandal tersebut tidak akan putus pada pendakian pertama anda jika anda bisa menggunakanya dengan benar.

Tapi di sisi lain terkadang kita menemukan pendaki yang mendaki gunung tidak menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung. Ada yang menggunakan sepatu boat, sepatu futsal, sepatu bola, sandal kulit, sandal japit dll. Mungkin mereka memiliki alasan lain yang tidak kita ketahui. But, no problem.

“Yang terpenting bukan senjata apa yang kita bawa, tapi bagaimana kita menggunakan senjata”

SALAM LESTARI

3 komentar:

Anonim mengatakan...

gw suka gaya ulasan2 di blog ini, memiliki opini namun tidak memaksakan kepada yg ngebaca... sukses selalu...

salam lestari
andry
goes_dry@yahoo.com

Abynk Verbeck mengatakan...

Luar biasa postinganx bro..

Muhammad Algi Fahri mengatakan...

manteb manteb

Posting Komentar