"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Tips menghindari calo tiket bus di terminal


Karena postingan saya sebelumnya yang berjudul "Bus Setan", maka tulisan ini saya buat demi kenyamanan dan keamanan para pembaca yang akan membeli tiket bus di terminal. Saya merasa para calo ini harus segera di berantas karena sudah merugikan banyak penumpang. Selain itu pemberantasan calo juga sudah sesusai dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah. Berikut tips menghindari calo tiket bus di terminal :
  1. Sebelum pergi ke terminal ada baiknya mencari tahu daftar bus yang melayani jurusan yang akan kita lewati sehingga kita tidak salah naik bus. Misalnya kita berada di jakarta akan pergi ke semarang, bisa saja kita ditipu para calo dengan disuruh naik bus jurusan solo atau jogja. Ingat gan, para calo ini kejam dan tidak punya perasaan. Akibatnya kita harus turun di jalan dan mencari bus lain yang akan membawa kita ke tujuan akhir.
  2. Belilah tiket bus yang memiliki nama besar dan sudah terpercaya. Biasanya bus bus seperti ini akan memberikan pelayanan terbaik demi menjaga nama besar. Harga yang di tetapkan oleh petugasnya pun selalu sama untuk setiap waktu sehingga tidak akan ada penipuan harga. Petugasnya akan selalu mematuhi aturan PO karena jika ketahuan melanggar maka akan langsung di tindak tegas.
  3. Ketika pertama kali datang ke terminal jangan percaya dengan seorang pun yang menawari anda tiket. Ingat, calo ini berwajah manis dengan pura pura membantu kita padahal dia sedang membohongi kita. Carilah petugas agen bus yang bisanya berada di tempat penjualan tiket atau biasanya mondar mandir di terminal. Petugas bus asli ini sengaja mondar mandir di terminal untuk mengamankan penumpangnya dari para calo. Jika anda bisa menemukan orang ini maka orang ini akan mengamankan anda dari gangguan para calo. 
  4. Petugas bus resmi selalu memakai seragam dengan nama armadanya. Jadi misal kita mau naik bus "Shantika" carilah orang yang memakai seragam dengan tulisan "Shantika". Para calo tidak akan mungkin melakukan penipuan dengan menggunakan seragam karena mereka akan dimarahi oleh para petugas armada yang mempunyai nama tersebut.
  5. Jangan percaya dengan orang yang memakai seragam dengan tulisan tulisan semacam Mercedes Benz, Bus Mania, Bus Crew, Karyawan Bus, Jet bus dan kalimat kalimat lain yang identik. Kita hanya harus percaya jika seragam yang mereka pakai tertulis nama armadanya. Biasanya calo dengan seragam palsu tersebut akan menawarkan kita tiket armada armada terkenal, tapi setelah anda bayar maka anda akan menyesal karena ternyata busnya tidak sesuai dengan nama armada yg ditawarkan.
  6. Sebelum membayar tiket cek dulu tiketnya apakah tiket tersebut benar benar tiket milik armada yg ditawarkan. Misal jika kita akan membeli tiket bus "Nusantara" maka jangan percaya jika tiket tersebut bertuliskan PO. Mawar, PO melati dsb dan mereka mengatakan ini cabangnya nusantara. Armada besar seperti itu biasnya tidak ada cabangnya. Emangnya restoran ada cabangnya.
  7. Bisa saja kita di tipu oleh karyawan asli sebuah armada. Maka dari itu carilah armada bus yang besar dan sudah sangat terkenal. Demi nama besar mereka tidak akan melakukan kecurangan. Saya pernah punya pengalaman naik bus dari Kp. Rambutan ke Karawang menggunakan bus "Agra Mas". Saya naik bus itu tiap hari dan harga tiketnya pun selalu 10.500 rupiah. Inilah salah satu ciri ciri Bus dengan nama besar.
Sekian tulisan dari saya yang berjudul "tips menghindari calo tiket bus di terminal" semoga bisa membantu para pembaca. 

Salam Bus Mania

2 komentar:

Gavriel mengatakan...

Musnahkan calo!!!!!

Muhammad Nabil Nugroho mengatakan...

Calo anjing sialan,, dia makan uang haram. Sy jamin ia dapat dosanya. Smga mereka cepat cepat sadar

Posting Komentar