"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Catatan Seorang Admin

Pernah membayangkan menjadi admin Group dengan anggota puluhan ribu ?
Apa sih yang dikerjakan oleh admin hingga anggota groupnya bisa sebanyak itu ?

Perkenalkan, saya salah satu admin Group Komunitas Pendaki Gunung. Group Komunitas Pendaki Gunung memiliki anggota sekitar 37.000 orang. Tidak mudah mengurus Group sebesar ini apalagi Group ini memiliki pergerakan nyata, tidak hanya di dunia maya. Kami sering melakukan kegiatan nyata seperti KOPDAR, pendakian bersama, aksi bersih sampah, Camping bersama dll

Saya lupa berapa kali menambahkan orang ke dalam group ini, terlalu banyak untuk diingat. Setiap harinya ada ratusan orang yang ingin masuk group ini. Admin harus selalu online untuk memasukkan orang ke dalam group. Tapi walau bagaimana pun admin tetap manusia yang punya beragam kesibukan. Admin tidak bisa online selama 24 jam setiap harinya. Untungnya KPG (Komunitas Pendaki Gunung)  memiliki 3 Admin yang saling menutupi kekosongan kepengurusan Group sehingga para Facebooker tidak perlu menunggu lama untuk bisa bergabung.

Kadang ada beberapa anggota yang memprotes karena ada anggota lain yang posting tentang hal hal yang tidak sesuai etika. Kadang ada yang marah marah karena admin tidak segera menghapus postingan tersebut. Mungkin mereka lupa kalau admin juga manusia yang tidak bisa online seumur hidupnya. 

Ada juga serangan porno dari beberapa akun yang tidak bertanggung jawab. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan dari group agar tidak memancing keributan sekaligus menimbulkan efek jera. Dari beberapa akun tersebut ada yang masuk kembali ke dalam group dan ada juga yang di larang masuk selamanya. Dalam beberapa kejadian ada akun yang sengaja diciptakan untuk membuat kerusuhan, akun tersebut adalah akun palsu yang memang ditugaskan untuk menebarkan kekacauan. Akun tersebut biasanya di keluarkan dari untuk selama lamanya.

Terkadang beberapa anggota terlibat perdebatan sengit yang mengarah ke dalam permusuhan. Admin harus sigap menetralisir keadaan tersebut untuk menjaga kedamaian Group. Solusi paling mudah untuk menghentikan pertengkaran tersebut adalah dengan menghapus postingan yang berkaitan. Tapi apakah hal tersebut akan menyelesaikan masalah ? Tidak. Kenapa ? karena masalah tersebut memang tidak pernah diselesaikan. Terkadang ada perdebatan yang sengaja tidak dihapus agar menghasilkan sebuah kesimpulan. Jika kita selalu menghapus perdebatan tersebut maka akan muncul pada postingan postingan lain karena dari dulu memang belum sempat dituntaskan. 

Agar group semakin berwarna admin kadang memberi sentuhan dengan postingan postingan yang bisa memberikan manfaat. Kadang juga membuat postingan sebagai pengalih isu yang sedang diperdebatkan. Semua itu dilakukan agar anggota merasa nyaman berada di dalam group. Yang perlu dicermati lagi adalah publikasi kegiatan yang kadang kadang bertabrakan. Admin harus pandai pandai mengatur situasi karena Facebook hanya mengijinkan 1 postingan untuk di Pin/sematkan. 

Ada juga yang marah marah karena temanya dikeluarkan dari group. Saya juga tidak tahu siapa yang mengeluarkan dan siapa yang mengeluarkan. Saya juga tidak tahu apakah hal tersebut benar benar terjadi atau cuma realita karangan saja. Entahlah. Yang pasti admin tidak mungkin mengenal sekian ribu anggota group ini. 

Group ini didirikan pada tahun 2008, dan sekarang adalah tahun 2014. Entah sudah berapa "klik" yang dilakukan oleh admin untuk mengurus group ini, tidak terhingga. Dari sekian banyak "klik" itu tidak mustahil jika admin melakukan kesalahan seperti salah mengeluarkan orang, salah menghapus postingan dan lain sebagainya. Mungkin mereka sering lupa jika admin juga manusia biasa yang tidak pernah luput dari salah dan khilaf.

Beberapa peristiwa yang terjadi di group adalah pelajaran berharga bagi admin. Dari sekian ribu anggota group memiliki cara pandang dan pola pikir yang beraneka ragam. Sering kali perbedan tersebut menimbulkan gesekan gesekan kecil yang tidak bisa dihindari. Tapi sesungguhnya perbedaan itu adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Setidaknya gesekan kecil yg terjadi karena sebuah perbedaan pandangan adalah salah satu hal yang membuat saya mampu untuk berfikir lebih bijak.

Coba lihat foto dibawah ini !



Warna daun, rumput, belukar dan bunga selalu berbeda, dan perbedaan itulah yang membuatnya tampak indah - Catatan Pendaki Gunung

Tapi apapun yang terjadi admin akan selalu menjaga keutuhan group Komunitas Pendaki Gunung. Semoga para anggota bisa lebih cerdas mensikapi segala postingan yang ada. Jangan mudah diprovokasi oleh  akun yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai terprovokasi oleh orang orang yang ingin memecah belah Komunitas Pendaki Gunung.

Salam Komunitas Pendaki Gunung

Salam Lestari


6 komentar:

Anugrah Pambudi mengatakan...

Luar biasa.. asal jgn terjun k politik aj.. Alam dan Politik bagai air dan minyak..

kantata nugraha mengatakan...

bisa di link kan artikel ini ke grup nya juga om biar lebi bagus

Adriyano Louizzao mengatakan...

@Anugerah Pambudi : Siap

Adriyano Louizzao mengatakan...

@Kantata Nugraha : Siap bos

Kerasnada mengatakan...

karena seharusnya kecintaan mereka akan alam menyatukan, bukan malah menjadi pertentangan...salam lestari

The Bluetripper mengatakan...

cakep om,

Posting Komentar