"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Pemimpin : Teknik Memberikan Pengaruh


Para pemimpin adalah orang orang yang mempunyai pengaruh kuat pada lingkungan sekitar. Setiap pemimpin mempunyai cara tersendiri untuk menciptakan pengaruhnya. Pemimpin harus mempunyai pengaruh yang kuat agar tujuan mulianya mendapatkan dukungan penuh oleh orang orang dekatnya. 

Tapi jika kita adalah seorang pemimpin dalam struktural pemerintahan maka kita hanya harus memberikan intruksi, kemudian seluruh bawahan mengikuti. Karena jika bawahan tidak mengikuti akan dikenakan hukuman. Tapi saya yakin jika konsep tersebut diterapkan di Organisasi atau Komunitas maka akan menjadi sebuah konsep yang buruk. Yang harus kita tahu adalah "memberikan pengaruh dengan ancaman hukuman" adalah cara terburuk dalam ilmu kepemimpinan. 

Banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk memberikan pengaruh pada orang orang sekitar tanpa ancaman hukuman, disinilah jiwa pemimpin yang sebenarnya diuji, Berikut cara yang biasa digunakan pemimpin untuk memperkuat pengaruhnya : 

1. Inpirasi 
Pemimpin harus menjadi inspirasi bagi orang orang terdekatnya. Pemimpin harus memberikan contoh sebelum dia menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu. Tunjukkan bagaimana anda melakukanya, maka mereka akan menaruh hormat pada apa yang anda lakukan. Kemudian mereka akan menjadikan anda sebagai inspirasi, mereka akan percaya bahwa anda tidak sekedar biacara, mereka akan percaya bahwa anda adalah seseorang yang harus menjadi panutan. Setelah itu terjadi maka mereka akan percaya bahwa apa yang anda coba lakukan adalah sesuatu yang akan membawa kita pada kebaikan. Dan orang orang terdekat anda akan terkena pengaruh dari apa yang ada ciptakan.

2. Motivasi
Motivasi adalah bagimana anda bertemu dengan seseorang, kemudian memberikan motivasi agar orang tersebut mau berjuang bersama anda. Teknik ini sangat sederhana, anda hanya harus memberikan alasan kenapa mereka harus ikut membantu perjuangan anda. Anda harus meyakinkan bahwa anda sedang memperjuangkan sesuatu yang benar, dan anda membutuhkan bantuan untuk mewujudkanya.

3. Konsultasi
Para pemimpin biasanya sengaja berkonsultasi pada beberapa orang walaupun sebenarnya dia sudah memahami akar permasalahnya. Bahkan dalam konsultasi tersebut dia cenderung “pura pura tidak memahami” agar orang orang yang diajaknya konsultasi bisa lebih pro aktif memberikan saran. Teknik ini bertujuan agar orang orang tersebut merasa dilibatkan dalam sesuatu yang penting. Hal ini juga secara tidak langsung akan mengikat orang orang yang diajak konsultasi untuk melakukan apa yang telah dibicarakan bersama karena merasa bertanggung jawab telah memberikan saran.

4. Mengambil Hati
Teknik ini biasanya digunakan secara personal. Berbicara singkat tentang hal yang berada di luar topik seperti misalnya kondisi keluarganya, kuliah, sekolah, Blog, Tulisan, Musik atau apa saja. Mereka akan merasa diperhatikan, kemudian mereka akan merasa bahwa anda adalah orang yang sangat peduli padanya. Mereka akan merasa bahwa anda sangat dekat dengan denganya. Para pemimpin harus selalu “merakyat”, bergaul dengan satu persatu rekanya, menciptakan hubungan yang lebih erat secara personal.

Bagaimanapun Indonesia masih membutuhkan para pemimpin, mereka yang bergerak untuk sebuah perubahan. Jadilah pemimpin yang disegani karena "kapasitas" bukan pemimpin yang disegani karena "jabatan" apalagi "umur" 

Semoga bermanfaat 

Ditulis : Andriyana L

Salam Lestari 




0 komentar:

Posting Komentar