"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Abstrak Fotografi

Abstrak fotografi adalah aliran fotografi yang paling dinamis. Apapun yang tersaji di sekitar kita bisa dijadikan objek foto. Menurut ilmu fotografi keindahan itu tidak hanya ada di pantai atau puncak puncak gunung. Sebenarnya banyak keindahan di sekitar kita namun tidak terlihat karena kurangnya insting seorang fotografer

Menurut saya pribadi, abstrak fotografi sangat cocok bagi mereka yg baru mendalami hobi fotografi, seperti saya contohnya. Belajar melihat secara abstrak mengasah insting kita untuk mengetahui keberadaan objek objek indah di sekitar kita. Insting yang tajam membuat seorang fotografer akan mudah menghasilkan foto foto yang bagus.
 
Tantangan sebenarnya dalam Abstrak fotografi adalah menyajikan foto dari keindahan keindahan di sekitar yang tidak tertangkap mata. Tapi terkadang ada objek objek tertentu yang tidak terpancar keindahanya ketika dilihat dengan mata. Objek objek itu hanya terlihat indah setelah di jepret menggunakan teknik fotografi tertentu atau dengan sudut pemotretan tertentu.

Sumber foto : Toko Batu
Foto oleh : Adriyano Louizzao

Sumber foto : Aliran Air Kolam Ikan
Foto oleh : Adriyano Louizzao


Sumber foto : Tumpukan Besi
Foto oleh : Adriyano Louizzao

Foto foto di atas adalah foto foto yang di dapat dari tempat tempat tak terduga di pinggir jalan. Setelah dipoles dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda maka akan menghasilkan foto yg lebih baik dari objek aslinya. Anda dapat bayangkan seperti apa objek objek tersebut tampak dari seberang jalan. Oleh karena itu kita harus melatih insting fotografer kita agar menciptakan sebuah hubungan antara mata kita dan keindahan yg tersaji

Foto foto di atas adalah foto objek yg sudah terlihat bagaimana hasilnya sebelum di foto. Tantangan selanjutnya adalah menghasilkan foto yang jauh berbeda dengan objek aslinya. Foto yang belum bisa dilihat seperti apa jadinya sebelum pemotretan selesai. 


Sumber foto : Lampu Pohon
Foto oleh : Adriyano Louizzao


Sumber foto : Api kecil di pinggir jalan
Foto oleh : Adriyano Louizzao


Sumber foto : Pendingin Laptop
Foto oleh : Adriyano Louizzao

Foto foto di atas di jepret dengan mode Bulp dengan menggerakkan kamera dengan berbagai arah. Inilah yang saya maksud dengan foto yang belum bisa dilihat seperti apa jadinya sebelum pemotretan selesai. Tentu foto ini sangat jauh berbeda dengan objek aslinya.

Anda bisa menghasilkan foto yang lebih spektakuler dengan berbagai gerakan kamera. Coba gerakkan kamera dari samping kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau bahkan menggerakkan kamera membentuk lintasan segi empat atau segi tiga atau bahkan tidak beraturan sama sekali. Anda juga dapat memadukanya dengan melakukan zooming saat pengambilan gambar

Dan yang terakhir adalah menghasilkan foto yang indah berasal dari objek yang belum ada. Maksudnya kita membayangkan terlebih dahulu seperti apa foto abstrak yang akan kita hasilkan kemudian baru kita membuatnya.

Foto oleh : Adriyano Louizzao

Foto oleh : Adriyano Louizzao


Foto oleh : Adriyano Louizzao

Menurut saya foto abstrak itu terbagi menjadi 3 :
1. Foto berasal dari keindahan terlihat mata
2. Foto berasal dari keindahan yang baru terlihat setelah pemotretan
3. Foto berasal dari keindahan yang kita bayangkan sendiri lalu kita ciptakan
Abstrak fotografi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal tempat dan waktu, karena pada dasarnya keindahan itu ada di sekitar kita.

Salam Jepret

Saya baru mendalami fotografi 4 bulan yg lalu dan semua foto di atas dihasilkan dengan menggunakan Lensa Kit 18-55 mm. Saya tidak lebih pintar dari anda karena menurut saya keindahan sebuah foto itu relatif. Saya hanya ingin berbagi karena menurut saya lebih baik menulis daripada tidak sama sekali.

Semoga Bermanfaat