"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Makna Perjalanan


Akhir akhir ini saya mulai kehilangan inspirasi untuk menulis. Saya tidak bisa lagi menyusun kata untuk menghasilkan tulisan yang inspiratif. Saya harus berfikir keras menggunakan otak kiri untuk membuat sebuah tulisan. Biasanya saya hanya menggunakan otak kanan untuk mengingat sesuatu kemudian menulisnya. Mungkin apa yang saya ingat telah semua saya tulisakan sehingga memang tidak ada lagi sisa memory untuk digali.

Semua tulisan saya bersumber dari perjalanan. Saya tidak akan menulis sesuatu jika tidak mempunyai pengetahuan atau pelajaran untuk dituliskan. Perjalanan tersebut mengajarkan saya banyak pengetahuan dan pelajaran. Pelajaran yang mungkin tidak bisa kita peroleh di bangku sekolah maupun kualiah. Pengetahuan yang mungkin belum tertulis di buku manapun. 

Sebisa mungkin saya selalu menyisipkan pengetahuan dan pelajaran dalam setiap tulisan. Bagaimanapun setiap tulisan harus mempunyai makna. Yang membuat sebuah tulisan menjadi bernilai adalah tentang makna yang terkandung di dalamnya. Mungkin banyak tulisan yang enak untuk dibaca, tapi tidak semua mempunyai makna dalam keberadaanya

Untungnya saya mempunyai banyak perjalanan dalam hidup. Perjalanan dari puncak ke puncak, perjalanan dari pantai ke pantai, perjalanan mendirikan organisasi, perjalanan tentang fotografi, perjalanan tentang musik dan perjalanan tentang kehidupan. Setiap perjalanan mengajarkan pelajaran yang berbeda. Tapi tidak setiap orang bisa menangkap makna dari setiap perjalanan

Menurut saya tidak penting seberapa tinggi gunung yang bisa kita daki, juga tidak begitu penting tempat apa saja yang pernah kita datangi. Yang lebih penting adalah bagaimana kita memahami makna dari setiap perjalanan. Kita harus lebih peka dalam memahami alam dan membaca kehidupan. Semakin kita bisa memahaminya maka kita akan semakin tahu cara untuk hidup.

Cobalah melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Lihatlah dengan pikiran terbuka dan jiwa yang luas. Temukan sesuatu yang bernilai didalamnya. Susunlah setiap detail jejak langkah. Satukan hingga terbentuk sebuah makna.

Ini adalah beberapa catatan perjalanan yang menyimpan makna, bahkan makna tersebut sebenarnya lebih berharga daripada perjalanan itu sendiri

Perjalanan memberikan alasan untuk kaya 

Perjalanan yang memberikan pelajaran tentang arti sebuah pertempuran

Perjalanan yang memberikan kita pelajaran untuk menjadi laki laki"

Perjalanan yang mengajarkan kita untuk belajar dari siapapun"

Perjalanan yang membuatku menemukan apa yang lebih berharga dari puncak

Yang pasti saya tidak akan bisa menulis apapun jika tidak pernah melakukan perjalanan. Dan jika kita tidak bisa memahami makna dari setiap perjalanan maka hanya sebuah tulisan tanpa makna yang akan tercipta

Lakukanlah banyak perjalanan !, Maka kau akan temukan puzzel puzzel kehidupan, susunlah puzzel tersebut agar kau mengerti cara untuk hidup

"Petualang sejati bukan mereka yang bisa sampai di ujung bumi, tapi mereka yang bisa memahami makna dari setiap perjalanan" (Adriyano Louizzao)

SALAM LESTARI


0 komentar:

Posting Komentar