"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Memilih GPS untuk Mendaki Gunung


GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System. GPS adalah satu dari beberapa sistem penentuan posisi yang ada di dunia. Selain GPS terdapat sistem penentuan posisi yang lain seperti GLONASS (Global Navigation Satellite System) dan GALILEO
  • GPS : Milik USA
  • GLONASS : Milik Rusia
  • GALILEO : Milik European
Apa saja yang bisa diberikan oleh GPS ?
  • Posisi 3 Dimensi
  • Ketinggian
  • Waktu
  • Arah
  • Jarak
  • Kecepatan, dll
GPS terdiri 3 jenis :
1. GPS Geodetik
Yaitu GPS yang digunakan dalam pemetaan tingkat tinggi. GPS jenis ini biasanya hanya digunakan oleh instansi instansi tertentu seperti BAKOSURTANAL atau beberapa universitas ternama di Indonesia. Ketelitian yang dihasilkan sangat tinggi, bahkan mencapai tingkat Milimeter. Harga GPS jenis ini sangat mahal, mencapai puluhan hingga ratusan juta. Untuk mendaki gunung kita tidak menggunakan jenis yang ini.

GPS Geodetik
2. GPS Mapping
Yaitu GPS yang biasa digunakan dalam pengukuran dengan tingkat ketelitian menengah. Biasanya digunakan untuk pemetaan situasi. Ketelitianya mencapai 1 Meter dengan kisaran harga puluhan juta. GPS ini juga bukan GPS yang biasa digunakan untuk kegiatan pendakian gunung

GPS Mapping
3. GPS Navigasi
Juga biasa disebut GPS Handheld atau GPS Genggam. Yaitu GPS yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari hari seperti jalan jalan dan mendaki gunung. Ukuranya yang kecil membuatnya sangat praktis dibawa kemana saja. GPS ini memiliki ketelitian yang tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 5-10 Meter. Tapi hal itu sudah cukup jika hanya digunakan untuk kegiatan mendaki gunung. Harga GPS ini cukup murah dengan kisaran 1-5 juta.

GPS Handheld

Lalu kita harus memilih GPS yang mana ?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih GPS untuk kegiatan pendakian, yaitu :
1. Pilih yang Bisa hidup cukup lama
GPS jenis ini biasanya menggunakan baterai AA, sebaiknya NiMH atau Lithium. Baterai tersebut bisa kita beli di toko toko terdekat seperti Indomaret atau Alfamart.

2. Kapasitas penyimpanan data yang besar
Jika anda berada di gunung dalam waktu yang lama maka akan sangat menguntungkan jika kita membawa GPS yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar. GPS tersebut bisa menyimpan banyak data yang telah kita peroleh seperti data koordinat atau data tracking.

3. Pilih yang kedap air
Cuaca di gunung yang tidak menentu mengharuskan kita membawa GPS yang kedap air sehingga masih bisa digunakan walaupun basah. Tapi tenang signal GPS tidak dipengaruhi oleh cuaca.

4. Pilih yang bisa terintegrasi dengan komputer
Ada beberapa jenis GPS jaman dulu yang tidak bisa dihubungkan dengan komputer sehingga kita harus memindahanya secara manual dengan mengetik ulang data data tersebut. Pilihlah GPS yang bisa mentransfer data langsung ke komputer menggunakan kabel USB sehingga kita bisa mengolah data tersebut menggunakan komputer.

5. Pilih yang bisa terintegrasi dengan peta
Pada GPS tertentu kita bisa melihat peta pada layarnya. Ada banyak sumber yang menyediakan peta peta tersebut. Tapi juga ada GPS yang tidak bisa terintegrasi dengan peta sehingga tidak akan nampak peta pada layarnya. Adanya peta tersebut akan sangat membantu para pendaki.

6. Perhatikan fitur fiturnya
Pilih yang memiliki banyak fitur, seperti  :
Kompas, Altimeter, Informasi matahari dan bulan, tabel pasang surut, kalander, kamera dll

7. Perhatikan bentuknya
Pilih yang kecil, kuat, ringan, layarnya lebar, kalo perlu layar sentuh

Untuk mengetahui informasi lebih detail tentang GPS langsung saja datang ke penjualnya
Kunjungi situs ini

Di beranda, pilih GPS lalu masuk ke bagian GPS Genggam

Silahkan berbelanja dengan memperhatikan apa yang telah saya sampaikan

Kalau saya pribadi lebih suka memakai yang jenis ini

Tapi pilihan tetap ada di tangan anda

SALAM LESTARI

Ditulis oleh : 

Andriyana L, ST
Teknik Geodesi (Survey dan Pemetaan) Universitas Diponegoro 
Bekerja di BAKOSURTANAL


1 komentar:

santridanalam mengatakan...

Biasanya semakin lebar layarnya,konsumsi dayanya juga makin besar

Posting Komentar