"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru

Saya buka mesin pencari google dengan keyword "Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru". Dari hasil pencarian yang ada saya tidak melihat "Peta Jalur pendakian gunung Semeru" yang benar benar sesuai kaidah pembuatan peta. Menurut saya gambar gambar yang ada di hasil pencarian google tersebut tidak bisa mewakili peta karena tidak mempunyai sistem refrensi koordinat dan skala. Berdasarkan pada realita tersebut saya akan berusaha menyajikan peta jalur pendakian gunung Semeru hasil buatan saya sendiri.

Saya mendapatkan data GPS dalam bentuk tracking dari Komunitas Pendaki Gunung. Data tersebut saya overlay dengan data sekunder lain yang saya miliki. Saya memiliki peta kontur gunung Semeru dan juga peta penggunaan lahan gunung semeru. Saya kombinasikan semua data yang ada untuk menghasilkan peta terbaik untuk para pendaki gunung Indonesia. Peta jalur pendakian gunung Semeru saya bagi dalam beberapa jenis, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru (Klasifikasi Ketinggian)

Peta ini disajikan dengan warna warna yang menampilkan ketinggian tertentu. Klasifikasi warna tersebut didapatkan menggunakan peta kontur yang diolah sedemikian rupa dengan software pemetaan. Peta ini juga dilengkapi dengan grid Koordinat dalam bentuk Geografis. 

2.  Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru (Peta Kontur)

Peta ini sangat cocok untuk mereka yg ingin melihat penampakan topografi gunung semeru. Peta kontur bisa dijadikan dasar dalam pembuatan jalur pendakian atau untuk keperluan SAR.

3. Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru (Penggunaan Lahan)

Peta ini diklasifikasi berdasarkan penggunaan tanah di kawasan gunung Semeru. Terbagi menjadi beberapa item seperti Danau, Hutan, Padang Rumput, Pemukiman, Perkebunan, Semak Belukar, Tegalan hingga Kawasan puncak Semeru.

4.  Peta Jalur Pendakian Gunung Semeru (Peta Citra)

Citra ini bukan berasal dari google maps, tapi dari Bing Map. Citra ini diambil pada tahun 2012 sehingga kenampakan alamya tidak akan banyak berubah.

Skala pada semua peta diatas hanya berlaku jika di print dengan ukuran A0. Peta peta diatas hanya penampakan sekilas saja, peta aslinya bisa di download dalam bentuk PDF pada link dibawah ini


Semoga peta peta tersebut bermanfaat bagi para pendaki gunung yang akan mendaki gunung semeru

Salam Lestari


7 komentar:

Novi Kynesi mengatakan...

Wah..Nice Info Mas. Saya termasuk pembaca setia tulisan mu hehe. Salam Kenal.

Adriyano Louizzao mengatakan...

Salam kenal mas, terimakasih telah berkunjung ke postingan ini, semoga bermanfaat

rodona sormin mengatakan...

trimakasih infonya,,
sangat menarik dan bermanfaat,,
mantap,,

Nadya Paramanisa mengatakan...

Perlengkapan mendaki gunung harus dipersiapkan secara matang agar pendakian tidak terganggu, selamat mendaki :)

ananda anto mengatakan...

mas Adriyano, sangat bermanfaat...trims :-)

Sean Conti mengatakan...

Terimakasih banyak bos , postingannya sangat bermanfaat !

Sean Conti mengatakan...

Terimakasih banyak bos , postingannya sangat bermanfaat !

Posting Komentar