"Karena yang terpenting bukan apa yang kita dapat dari dunia, tapi apa yang bisa kita beri pada dunia"

7 Gunung Paling Indah Di Indonesia

Indonesia memiliki banyak Gunung yang indah. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah gunung paling banyak. Jajaran pegunungan terbentang luas dari tanah sumatra hingga tanah papua. Gunung di indonesia memiliki keindahan yang sangat beragam. Hampir setiap gunung memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Alasan paling kuat mengapa sebuah gunung didatangi adalah karena gunung tersebut menyimpan keindahan yang luar biasa. Keindahan tersebut menjadi daya tarik paling kuat yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Berikut adalah 7 gunung terindah di indonesia versi Catatan Pendaki Gunung :

1. Gunung Semeru
Gunung semeru merupakan gunung paling populer di indonesia. Pengunjung gunung semeru terus bertambah setiap waktu. Sepanjang perjalanan ke puncak kita akan selalu bertemu dengan rombongan pendaki dari seluruh negeri. Tempat camp di gunung semeru seperti ranukumbolo dan kalimati selalu dipadati oleh para pendaki. Gunung ini memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh gunung gunung lain di Indonesia, keberadaanya seakan menjadi magnet yang menarik jejak setiap pendaki.  

Gunung Semeru
Sumber foto : Catatan Pendaki Gunung
2. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur. Gunung rinjani memilki tinggi 3.726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi nomor 3 di indonesia. Keberadaan Danau Segara Anak adalah salah satu alasan kenapa gunung ini termasuk salah satu yang terindah di indonesia. Danau segara anak adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika mendaki gunung rinjani. Keindahan danau segara anak menjadikanya tempat camp favorit para pendaki. Pendaki dapat memancing ikan di danau segara anak. Di dekat danau segara anak juga terdapat sumber air panas yang tentu saja semakin menambah daya tarik gunung ini.

Gunung Rinjani
 Sumber foto : Catatan Pendaki Gunung
3. Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Gunung Kelimutu
 Sumber Foto : http://ennyern.blogspot.com
4. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif. Kawah ini selalu menyemburkan asap belerang setiap saat. Mendaki gunung papandayan hanya membutuhkan waktu 3 jam perjalanan. Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula.

Gunung Papandayan
  Sumber foto : Catatan Pendaki Gunung
5. Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung ini tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangannya yang spektakuler dan dramatis. Keindahannya yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.

Gunung Bromo
 Sumber Foto : Wikipedia
6. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu terletak di wilayah Magelang dan Boyolali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung Merbabu adalah salah satu gunung paling indah di Indonesia. Pendakian gunung Merbabu cukup populer karena gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi, tapi pemandangan yang tersaji sangatlah indah. Jalur pendakian gunung Merbabu yang paling tua adalah jalur Thekelan. Setelah itu muncul jalur jalur pendakian lain seperti jalur selo, jalur wekas dan jalur Chuntel

Gunung Merbabu di kenal memiliki 7 buah puncak dengan 2 puncak tertinggi yaitu puncak Syarif (3.119 mdpl) dan Puncak Trianggulasi (3.142 mdpl). 5 puncak lainya adalah Watugubuk, Watutulis, Gegersapi, Ondorante dan Kentengsongo. Gunung ini juga memiliki 5 buah kawah yaitu  kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

Gunung Bromo
  Sumber foto : Catatan Pendaki Gunung
7. Gunung Ijen
Objek wisata kawah ijen adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal di Indonesia. Kawah ijen terletak di puncak gunung Ijen dengan ketinggian sekitar 2368 mdpl. Gunung ijen sendiri termasuk dalam wilayah kabupaten Bondowoso. Dari puncak gunung ijen Kawah ijen terlihat sangat besar dan megah. Di sela sela kemegahanya tercium aroma belerang yang sangat menyengat. Air kawah ijen yang berwarna hijau akan menciptakan keindahan tersendiri saat berpadu dengan batu batuan kawah yang berwarna keputihan.

Gunung Ijen
Sumber foto : Catatan Pendaki Gunung

Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Tidak jarang wisatawan dari luar negeri berdatangan ke indonesia untuk menikmati keindahan alamnya. Semoga kita semua sebagai warga indonesia mampu menjaga keindahan alam ini. Kita harus bangga hidup di indonesia. Sekian tulisan saya yang berjudul "7 Gunung Paling Indah Di Indonesia"

SALAM LESTARI

Ditulis Oleh : Adriyano Louizzao

Baca Juga :


14 komentar:

Suripz mengatakan...

hebat samean, masih muda sudah menjelajah banyak banget gunung. salut ...salut.
btw samean kan dari Demak jateng, kenapa nama blognya pake Argopuro yg di Jawa timur? penasaran, apakah ada kesan tertentu dengan gunung yang satu ini?

Anonim mengatakan...

kok gunung agung ga ada??? gw rasa sih puncak tertinggi di pulau dewata itu sangat indah lho...
salam lestari
andry

Unknown mengatakan...

Karena dulu saya ngefans sama gunung tersebut, menyimpan tantangan dan misteri yang sangat luar biasa. Terimakasih telah berkunjung bos, Salam Lestari

April Alhafidz mengatakan...

thanks infonya gan , rekomendasi buat pendakian berikutnya

Bundet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bundet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

mantapp gann gunung nyaa:

http://www.indo-palembang.com/

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus banget gan tempat wisata indonesia

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus banget gan tempat wisata indonesia

Unknown mengatakan...

terimakasih gan saya baca semua, infonya sangat bermanfaat, jadi referensi buat liburan akhir tahun sama keluarga
http://goo.gl/0jGiX kalau agan butuh herbal boleh main kesini ada herbal kesehatan kebugaran dan kecantikan gan

Dinta Galuh mengatakan...

Nice :)

Faozanahmad mengatakan...

We gunung Rinjani ada DI LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT bukan NUSA TENGGARA TIMUR hati2 kalau ngasih info gan..

Faozanahmad mengatakan...

We gunung Rinjani ada DI LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT bukan NUSA TENGGARA TIMUR hati2 kalau ngasih info gan..

Bendera Juang mengatakan...

Profil lengkap negara Thailand
Penggunaan huruf kapital
Istilah sepak bola
Negara dengan penduduk terbanyak
Hewan amfibi
Cara memerahkan bibir
Review One Piece
Agama di Indonesia
Gunung tertinggi di Indonesia

Posting Komentar